BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ducati: Jorge Martin Memang Oke, Tapi Juga Harus Buktikan Diri di Trek Lain

12-04-2021 15:31 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, mengacungkan jempol kepada debutan Pramac Racing, Jorge Martin, yang sukses mencuri perhatian di MotoGP Qatar dan Doha. Meski begitu, kepada Motorsport Espana, Minggu (11/4/2021), Ciabatti mengaku yakin performa Martin masih harus diamati di trek-trek yang belum pernah ia kunjungi di atas Desmosedici.

Martin memang langsung menggebrak dalam balapan pertamanya di Seri Qatar. Pasalnya, ia start dari posisi 14, namun melesat ke posisi keempat di tikungan pertama. Meski begitu, ia harus legawa finis di posisi 15 usai bannya aus lebih dini dari perkiraan. Namun, ia lagi-lagi bikin orang-orang tercengang dalam MotoGP Doha.

Hanya 10 hari mengendarai Desmosedici, Martin tahu-tahu menyabet pole. Dalam balapan, startnya pun fantastis. Ia langsung memimpin dan sama sekali tak terganggu selama 18 lap pertama berkat ritme balap yang sangat konsisten. Namun, ban yang aus membuatnya tersalip Fabio Quartararo dan Johann Zarco menjelang finis.

1 dari 3 halaman

Penasaran Performa Jorge Martin di Trek Lain

"Soal Jorge, kami sungguh kagum. Apa yang ia lakukan adalah bukti talentanya dan caranya bekerja. Ia meraih pole dan memimpin balapan selama 18 lap tanpa melakukan satu pun kesalahan, dan ini adalah hal yang positif," ujar Ciabatti.

Meski begitu, pria asal Italia ini juga tak memungkiri bahwa performa Martin yang apik ini juga kemungkinan dibantu oleh fakta MotoGP hanya menggelar uji coba di Sirkuit Losail. Alhasil, sirkuit-sirkuit lainnya nanti bisa menjadi tantangan baru bagi Martin.

"Yang harus ia lakukan adalah terus bekerja seperti ini. Dari sini, kami harus melihat apa yang akan terjadi di sirkuit-sirkuit yang belum pernah ia kunjungi bersama Ducati, karena di trek-trek ini ia hanya akan punya dua hari untuk adaptasi," ungkap Ciabatti.

2 dari 3 halaman

Nantikan Bukti Kedewasaan dan Talenta Jorge Martin

Tantangan Martin selanjutnya akan dimulai di MotoGP Portugal, yang bakal digelar di Sirkuit Portimao pada 16-18 April nanti. Ciabatti yakin, jika juara dunia Moto3 2018 itu bisa tampil baik juga di sirkuit-sirkuit Eropa, maka para rivalnya harus waspada.

"Balapan terakhir di Qatar sangatlah tak biasa, karena semua pembalap telah berkendara di sana selama berhari-hari, dan ini tentu membantu para debutan. Sementara di trek lain, kita akan lihat kedewasaan dan kemampuannya beradaptasi," pungkas Ciabatti.

Meraih satu pole dan satu podium, saat ini Martin tengah berada di peringkat ketujuh pada klasemen pembalap dengan koleksi 17 poin, hanya tertinggal dari sang juara bertahan sekaligus rival beratnya di Red Bull Rookies Cup, Joan Mir.

Sumber: Motorsport Espana

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR