BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Ducati Harus Pertahankan Dovizioso, Tandemkan dengan Rider Muda'

13-05-2020 11:11 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, cukup heran melihat Ducati Team getol mencari pebalap muda hingga Andrea Dovizioso terancam tersingkir dari skuadnya. Hal ini disampaikan Brivio kepada Motorsport.com, menyusul kabar Dovizioso berpeluang pindah ke KTM di MotoGP 2021.

Ducati mengincar rider muda karena Dovizioso telah menginjak 34 tahun pada Maret lalu, dan Danilo Petrucci akan berusia 30 tahun pada Oktober nanti. Saat ini, Jack Miller dan Francesco Bagnaia jadi kandidat kuat untuk menggantikan keduanya karena masih berusia 25 dan 23 tahun.

Perhatian pun terpusat pada Dovizioso, yang sejak 2013 jadi ujung tombak pengembangan Desmosedici dan sukses jadi runner up di belakang Marc Marquez selama tiga musim terakhir. Menurut Brivio, Ducati tak seharusnya melepas 'Dovi' ketika penampilan rider Italia itu sedang baik-baiknya.

1 dari 3 halaman

Dovizioso Harusnya Tetap Jadi Panutan

Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio (c) Suzuki Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio (c) Suzuki

"Ducati tahu apa yang harus mereka lakukan. Saya yakin Dovi telah terbukti sebagai rider yang bisa menang dan dialah rider yang paling dekat dengan Marc selama beberapa tahun terakhir. Jika saya jadi mereka, saya akan mempertahankannya sebagai jaminan masa depan," ujar Brivio.

Pria asal Italia ini pun bisa memaklumi mengapa Ducati berusaha mencari rider muda, namun ia yakin rider muda tersebut sebaiknya justru dijadikan tandem Dovizioso saja, alih-alih sebagai pengganti. Menurutnya, pengalaman Dovizioso bisa membantu juniornya berkembang dengan baik.

"Mungkin saya bisa coba memutuskan siapa yang akan jadi penggantinya, atau coba cari siapa rider yang bisa mendekati performanya di masa depan, dan saya akan mendukungnya, membuatnya berkembang bersama Dovi," ungkap Brivio yang juga eks manajer tim Yamaha Factory Racing.

2 dari 3 halaman

Mungkin Ada Masalah yang Tak Tampak

Brivio mengaku tak tahu pasti alasan apa yang mendasari retaknya hubungan antara Ducati dan Dovizioso. Meski begitu, ia yakin segala polemik seharusnya dikesampingkan dan lebih baik menatap masa depan.

"Saya sendiri akan mempertahankan Dovi, tapi mungkin Ducati punya masalah yang tidak kita ketahui hingga harus melakukan pertimbangan sendiri. Dari sudut pandang olahraga, saya rasa mereka tak seharusnya menyerah dengan Dovi. Entah apakah ini akibat masalah finansial, pemasaran, atau lainnya," tutupnya.

Selama berkarier di MotoGP, Andrea Dovizioso memang diketahui tak pernah bertandem dengan rider muda, karena selama ini bertandem dengan Dani Pedrosa, Casey Stoner (Repsol Honda), Cal Crutchlow (Monster Yamaha Tech 3), Nicky Hayden, Andrea Iannone, Jorge Lorenzo, dan Petrucci (Ducati Team).

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR