BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ducati Cermati Joe Roberts, Bisa Teruskan Warisan Hayden-Spies

15-04-2020 18:50 | Anindhya Danartikanya

Pebalap American Racing, Joe Roberts (c) MotoGP.com Pebalap American Racing, Joe Roberts (c) MotoGP.com

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, tak memungkiri telah mengamati perkembangan Joe Roberts, pebalap muda Amerika Serikat yang saat ini turun di Moto2 bersama American Racing Team. Kepada Motorsport Total, Ciabatti pun mengakui Roberts sebagai rider bertalenta.

Roberts yang menjalani debut Moto2 secara penuh sejak 2018, tiba-tiba tampil menggebrak dalam pekan balap di Losail, Qatar, pada 6-8 Maret lalu, dengan dua kali mematahkan rekor lap tercepat Losail, yakni di sesi latihan bebas kedua (FP2) dan sesi kualifikasi.

Start dari pole, Roberts mampu melaju konsisten dan sangat tenang dalam memperebutkan kemenangan, meski akhirnya harus puas finis keempat. Talenta dan potensinya menjadi bintang masa depan pun kini tak bisa diremehkan lagi oleh seisi paddock MotoGP.

Berkebangsaan Amerika Serikat, Roberts pun bisa jadi aset besar bagi Ducati, karena Negeri Paman Sam merupakan pasar penting bagi pabrikan asal Bologna, Italia itu. Terlebih, mereka juga pernah menaungi Nicky Hayden dan Ben Spies di MotoGP, serta Ben Bostrom di WorldSBK.

1 dari 3 halaman

Sudah Kenal Joe Roberts Sejak Lama

Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti (c) Ducati Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti (c) Ducati

"Pasar Amerika penting untuk Ducati, dan kami punya hubungan spesial dengan rider Amerika. Kami pernah menaungi Hayden, Spies, dan Bostrom, yang jadi idola laki-laki dan perempuan di WorldSBK pada awal 2000an karena punya karakter menawan," ujar Ciabatti.

Ciabatti pun mengaku sudah mengenal Roberts sejak lama, setelah 4-5 lalu saling diperkenalkan oleh seorang kawan yang juga pencari bakat. Ciabatti juga berteman baik dengan bos American Racing Team, Eitan Butbul, yang kerap meminta saran darinya. Atas alasan ini pula Ciabatti sedikit banyak ikut mencermati karier Roberts.

"Tahun lalu Joe telah belajar bahwa ia tak bisa mencapai ekspektasi karena berbagi garasi dengan Iker Lecuona, yang tampil baik. Tahun lalu mereka juga bermasalah dengan KTM. Jadi saya senang ia berubah jadi lebih baik seperti yang kita lihat di Qatar. Ia sangat bertalenta," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Peran John Hopkins

Pebalap American Racing, Joe Roberts (c) American Racing Pebalap American Racing, Joe Roberts (c) American Racing

Ciabatti juga meyakini bahwa sosok John Hopkins, mantan pebalap MotoGP dan WorldSBK yang juga berasal dari Amerika Serikat, sebagai pelatih balap American Racing Team telah memberi dukungan moral untuk Roberts hingga motivasinya terlecut tinggi.

"Kedatangan John sebagai pelatih, ditambah fakta bahwa tim mereka kini punya satu tahun pengalaman dan kini pakai Kalex, telah membantu Joe menunjukkan kemampuannya. Ia sangat kuat di semua uji coba, dan mengonfirmasinya dalam balapan," tutur Ciabatti.

Pria asal Italia ini pun yakin Roberts bisa meraih lebih banyak hasil baik di masa depan. "Saya rasa kini ia jauh lebih dewasa, dan punya motor yang membantunya berkompetisi di depan. Jadi ia punya kondisi di mana ia bisa membuktikan talentanya," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR