BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ducati Beber Kemungkinan Pisah dengan Andrea Dovizioso

05-08-2020 14:28 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, secara blak-blakan menyatakan bahwa memang ada kemungkinan pihaknya untuk berpisah dengan Andrea Dovizioso pada akhir MotoGP 2020. Meski begitu, ia menyatakan bahwa belum ada keputusan apa pun yang diambil oleh kedua pihak.

Negosiasi antara Ducati dan Dovizioso memang berjalan alot sejak awal tahun, terutama setelah pandemi virus corona merebak. Ducati dikabarkan ingin menurunkan gaji Dovizioso per musim dari 6 ke 3 juta euro saja. 'Dovi' sebagai runner up tiga musim terakhir pun tak sepakat.

Pada akhir Juni, proses negosiasi pun dibekukan sementara. Kedua belah pihak memutuskan untuk mengevaluasi beberapa balapan pertama sebelum menentukan masa depan. Kepada Speedweek, Selasa (4/8/2020), Ciabatti pun menyatakan pihaknya sudah waswas.

1 dari 3 halaman

Masih Ingin Andrea Dovizioso Bertahan

Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

"Perpisahan sayangnya memang memungkinkan, karena gagasan kami soal nilai gaji dan faktor-faktor pendukung lainnya sangatlah berbeda jauh. Saya rasa kedua pihak bisa mencari keseimbangannya, dan kami ingin mencari yang masuk akal. Target kami adalah meraih kesepakatan dengan Dovi," ujar Ciabatti.

"Kami tak berencana menggantikan Dovi. Tapi sebelum beberapa pekan lalu, kami telah menegosiasikan syarat kontrak dengannya untuk 2020 dan kontrak ini sudah ditandatangani. Setelahnya, kami putuskan menunggu 4-5 balapan pertama untuk mencari posisi lebih baik untuk memutuskan masa depan. Ini diterapkan kedua pihak," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Tergantung Kenyamanan Andrea Dovizioso

Dalam 4-5 balapan tersebut, Ducati pun memberi waktu kepada Dovizioso untuk merasakan apakah motor Desmosedici masih bisa membantunya memperebutkan gelar dunia lagi tahun ini. Jika ia bisa kembali tampil kompetitif, kemungkinan ia akan bertahan.

"Jika Dovi melihat ia bisa kembali memperebutkan gelar tahun ini, yang juga target kami, maka keputusan bakal lebih mudah. Tak ideal bagi kami dan bagi Dovi jika ambil keputusan sebelum musim ini digelar. Jika Dovi tampil baik, negosiasi bakal lebih mudah dan suasana hati kami semua bakal baik untuk ambil keputusan," pungkasnya.

Dovizioso sendiri meraih podium usai finis ketiga di MotoGP Spanyol yang digelar di Sirkuit Jerez pada Minggu (19/7/2020) lalu, dan finis keenam di trek yang sama dalam MotoGP Andalusia pada Minggu (26/7/2020). Saat ini ia tengah duduk di peringkat 3 pada klasemen pembalap dengan 26 poin.

3 dari 3 halaman

Video: Tiga Rider Yamaha Kuasai MotoGP Andalusia, Fabio Quartararo Menang Lagi

KOMENTAR