BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ducati Bakal Tukar Posisi Petrucci dan Miller Tahun Depan?

06-11-2019 11:33 | Anindhya Danartikanya

Danilo Petrucci dan Jack Miller (c) Pramac Racing
Danilo Petrucci dan Jack Miller (c) Pramac Racing

Bola.net - Gosip mengejutkan datang dari kubu Ducati. Pabrikan yang bermarkas di Borgo Panigale, Bologna, Italia, ini dikabarkan akan menukar posisi Danilo Petrucci dan Jack Miller di MotoGP tahun depan. Demikian yang dilansir Speedweek pada Selasa (5/11/2019).

Usai kepergian Jorge Lorenzo ke Repsol Honda, Petrucci mendapat tempat di Ducati Team musim ini, bertandem dengan sahabatnya sendiri, Andrea Dovizioso. Ia pun tampil impresif pada paruh pertama musim ini, meraih tiga podium, termasuk kemenangan besar di Mugello, Italia.

Sayang, usai finis ketiga di Catalunya, Spanyol, ia justru belum lagi naik podium, bahkan harus susah payah menembus posisi 10 besar dalam sembilan seri terakhir. Situasi ini justru sangat berkebalikan dengan rider Pramac Racing, Jack Miller, yang juga mengendarai Desmosedici GP19 spek pabrikan.

1 dari 2 halaman

Sudah Berembus Sejak Aragon

Miller belum meraih kemenangan di sepanjang 2019, namun justru meraih tiga podium pada paruh kedua musim, konsisten tampil di depan, meski kerap dilanda masalah ban. Melihat situasi ini, media massa Italia mengendus kabar Ducati hendak menukar posisi Petrucci dan Miller.

Meski begitu kabar ini dibantah oleh Manajer Tim Pramac Racing, Francesco Guidotti. "Gosip ini sejatinya sudah muncul sejak Aragon (September), namun agak mereda di Thailand, Jepang, dan Australia. Di Sepang, gosip ini kembali menyeruak," tutur pria yang akrab disapa 'Checco' ini.

Guidotti tak menutup kemungkinan, mengingat kontrak Petrucci dan Miller terikat langsung dengan Ducati, hingga para petinggi mereka lah yang bisa ambil keputusan apa pun demi kebaikan pabrikan. Meski begitu, ia ingin Miller bertahan di Pramac sesuai kontrak yang sudah disepakati di Austria, Agustus, lalu.

2 dari 2 halaman

Rogoh Kocek demi Jack Miller

"Apa pun bisa terjadi dalam dunia balap, apalagi Ducati Corse lah yang memegang kontrak mereka. Tapi kami ingin mempertahankan Jack. Toh sudah dipastikan di Austria, ia akan membela kami tahun depan dengan GP20. Untuk mewujudkannya, kami harus merogoh kocek dalam-dalam dan berinvestasi lebih banyak uang," ujar Guidotti.

Selain ingin mempertahankan Miller, Guidotti juga menegaskan bahwa pihaknya akan tetap menaungi Francesco Bagnaia, dan tak mau lagi menggaet Petrucci, yang sempat Pramac naungi pada 2015-2018. "Danilo memang tadinya membela kami, tapi kini ia ada di tim pabrikan. Tak ada gunanya menggaetnya kembali," tutupnya.

Menjelang seri penutup 2019 di MotoGP Valencia, Spanyol, pada 15-17 November nanti, Petrucci tengah duduk di peringkat kelima pada klasemen pebalap dengan koleksi 176 poin, sementara Miller duduk di peringkat kedelapan dengan 149 poin.

KOMENTAR