Dua Tandem Ini Kawinkan Lebih Banyak Gelar dari Marquez-Lorenzo

Anindhya Danartikanya | 2 Januari 2019, 13:10
Jorge Lorenzo dan Marc Marquez (c) AFP
Jorge Lorenzo dan Marc Marquez (c) AFP

Bola.net - Repsol Honda akan menjadi tim paling disorot di MotoGP 2019. Pasalnya, tim ini menandemkan dua rider terkuat saat ini, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Secara total, mereka akan mengawinkan 12 gelar dunia, dan di atas kertas diprediksi bakal tampil cukup menakutkan musim ini.


Meski begitu, ternyata jumlah gelar yang mereka kawinkan bukanlah yang terbanyak dalam sejarah Grand Prix. Ada dua pasangan pebalap yang ternyata pernah mengawinkan gelar dunia lebih banyak dari Marquez dan Lorenzo, yakni Giacomo Agostini-Phil Read dan Valentino Rossi-Jorge Lorenzo.

Agostini dan Read menciptakan rekor gabungan gelar terbanyak pada 1973, saat mereka menjadi rekan setim di MV Agusta dalam kategori GP500, yakni dengan 19 gelar dunia. Saat itu, Agostini telah meraih 13 gelar dunia, yakni tujuh di GP500 dan enam di GP350. Sementara itu, Read telah meraih enam gelar, yakni satu di GP500, empat di GP250 dan satu di GP125.

Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi (c) AFPJorge Lorenzo dan Valentino Rossi (c) AFP

Tempat kedua diduduki oleh Rossi dan Lorenzo, saat masih bertandem di Yamaha Factory Racing di MotoGP 2015. Total, mereka mengawinkan 14 gelar dunia. Saat itu, Rossi mengantongi sembilan gelar, yakni enam di MotoGP serta masing-masing satu di GP500, GP250 dan GP125. Lorenzo pun mengoleksi lima gelar, yakni tiga di MotoGP dan dua di GP250.

Meski begitu, jika dilihat dari kiprah di kelas tertinggi (GP500/MotoGP) saja, kombinasi Rossi-Lorenzo masih merupakan yang terkuat sepanjang sejarah. Total, mereka berhasil mengawinkan 10 gelar dunia, yakni Rossi dengan tujuh gelar dan Lorenzo dengan tiga gelar. Di sisi lain, Agostini-Read dan Marquez-Lorenzo 'hanya' mengumpulkan delapan gelar.

Menurut Corsedimoto, Rossi-Lorenzo juga merupakan tandem dengan kemenangan terbanyak dalam sejarah kelas para raja, yakni dengan 179 kemenangan, disusul Agostini-Read dengan 154 kemenangan dan Marquez-Lorenzo dengan 126 kemenangan.

Apakah pasangan Marquez-Lorenzo bisa menyusul rekor-rekor ini? Kita saksikan saja aksi mereka selama tahun-tahun mendatang ya, Bolaneters!

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR