BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Dovizoso Akui Belum Rencanakan Pensiun pada Akhir 2020

25-07-2019 10:30 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, mengaku dirinya belum terpikir untuk merencanakan masa pensiun dari MotoGP pada akhir 2020 mendatang, yakni saat dirinya berusia 34 tahun nanti. Hal ini ia sampaikan dalam wawancara dengan Motorsport.com.

Dovizioso menjalani debut Grand Prix di kelas GP125 pada 2002 lalu, dan sukses meraih gelar dunia 2004. Ia juga menjadi runner up GP250 2006 dan 2007, sebelum naik ke MotoGP pada 2008. Di kelas tertinggi, ia pun menjadi runner up pada 2017 dan 2018.

Rider Italia ini dikenal sebagai salah satu rider yang berkepala dingin dan kalem di MotoGP, dan juga tak menyukai hidup glamor. Dalam buku otobiografinya, 'Asfalto', Dovizioso juga mengaku takkan merindukan hiruk pikuk MotoGP saat pensiun nanti.

"Saya tak takut kehilangan hal-hal palsu dan ketenaran, juga media massa, dan rapat teknis tak penting, perjalanan panjang dan hotel-hotel, rasa kecewa atas kekalahan, serta pandangan ragu soal kemampuan saya," tulisnya.

1 dari 2 halaman

Tergantung Hasil Balap

Kontrak kebanyakan pebalap MotoGP tak pelak lagi akan habis pada akhir 2020, hingga kehebohan silly season akan kembali berlangsung pada pertengahan musim depan. Dovizioso sendiri bukan lagi termasuk rider muda, namun ia belum ingin pensiun.

"Banyak orang yang berpikir bahwa pada 2020, saat kontrak saya dengan Ducati habis, saya akan pensiun. Tapi saat ini saya tak memikirkannya, karena ini semua tergantung pada hasil dan proyek apa yang ditawarkan," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Hanya Terima Proyek Masuk Akal

Dovizioso juga menegaskan bahwa dirinya hanya akan menerima proyek yang menurutnya menjanjikan, meski tak menyebutkan apakah itu di Ducati atau pabrikan lain.

"Saya hanya akan berpartisipasi dalam proyek yang masuk akal. 'Bursa' pebalap bakal terbuka tahun depan, dan kita lihat saja apa yang akan terjadi," pungkasnya.

Tahun 2020 akan jadi tahun kedelapan Dovizioso di Ducati, dan ia menyandang status sebagai rider yang paling lama membela Ducati di MotoGP. Meski begitu, ia mengaku sempat nyaris kembali ke Repsol Honda pada 2017 lalu.

KOMENTAR