BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Dovizioso: Lorenzo Harus Berpikir Terbuka di Ducati

30-05-2018 12:00 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso (c) Ducati Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Pembalap Ducati Corse, Andrea Dovizioso yakin bahwa sang tandem, Jorge Lorenzo harus berpikir terbuka apabila ingin tampil kompetitif di atas Desmosedici, yakni hal yang belum juga terwujud sejak ia bergabung pada awal MotoGP 2017 lalu.

Tahun lalu, Lorenzo berhasil merebut podium, namun tahun ini ia belum juga angkat trofi. Ia bahkan masih mengalami paceklik kemenangan. Dovizioso pun meyakini terlalu lama membela Yamaha membuat Lorenzo sulit beradaptasi, baik dengan karakter motor maupun kinerja tim.

"Tampil kuat di MotoGP saat ini sangat sulit, karena banyak aspek yang harus diperhitungkan. Saya tak mau bicara detail, tapi Jorge terbiasa mengendarai satu jenis motor dan ia punya ide yang jelas soal cara berkendara dan bekerja. Tapi jenis pendekatannya tak manjur di Ducati," ujarnya kepada Motorsport.

1 dari 2 halaman

Lorenzo Masih Juara Hebat

Dovizioso pun mengaku masih sangat yakin bahwa Lorenzo merupakan rider top MotoGP, namun menyebut rider Spanyol tersebut harus bersikap lebih luwes demi memperlancar proses adaptasinya di Tim Merah.

"Jorge masih merupakan juara yang hebat, tapi hasil tak selalu bisa diraih dengan cara yang sama. Di lain sisi, dalam menghadapi setiap situasi, Anda harus mencoba berpikir terbuka dan beradaptasi demi mengeluarkan potensi maksimal motor," ungkapnya.
2 dari 2 halaman

Situasi Lorenzo dan Rossi Berbeda

Situasi Lorenzo saat ini cukup mirip dengan situasi Valentino Rossi saat masih membela Ducati pada 2011-2012 silam. Kala itu, The Doctor juga mengalami paceklik kemenangan dan hanya merebut tiga podium. Meski begitu, Dovizioso yakin situasi Rossi dan Lorenzo berbeda 180 derajat.

"Saya rasa, saat Vale tiba di Ducati, situasinya berbeda dan motornya waktu itu unik. Saya tak mau bilang motornya tak kompetitif, karena Casey Stoner menang banyak dengan motor itu. Tapi motor itu sangat jauh berbeda dengan yang kami punya sekarang di Ducati. Atas alasan ini, kita tak boleh membandingkan situasi Vale dan Jorge," ungkapnya.

Rider Italia ini meyakini bahwa Desmosedici yang sekarang sangat bersahabat dengan gaya balap apa pun. "Sekarang Ducati kompetitif, sangat cepat dan para ridernya bekerja dengan baik. Situasi kami tak lagi seperti saat Casey merupakan satu-satunya rider yang bisa sukses dan melaju cepat," tutupnya. [initial]



KOMENTAR