BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Dorna Tanggapi Ide Lorenzo Ubah Jadwal MotoGP Qatar

28-02-2019 14:08 | Anindhya Danartikanya

Jorge Lorenzo (c) HRC Jorge Lorenzo (c) HRC

Bola.net - CEO Dorna Sports selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta, akhirnya menanggapi pendapat rider Repsol Honda, Jorge Lorenzo, yang meyakini perlunya perubahan jadwal sesi balap malam hari MotoGP Qatar pada 10 Maret mendatang. Menurut Lorenzo, perubahan ini sangat penting dilakukan demi meningkatkan keselamatan pebalap.

Hal ini dinyatakan Lorenzo pada hari terakhir uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar pada Senin (25/2) malam, di mana terdapat tujuh rider mengalami kecelakaan pada pukul 21.00. Lorenzo, yang merupakan salah satu 'korban' menyatakan bahwa insiden-insiden ini diakibatkan cuaca yang berangin, lembap dan dingin mencapai 16 derajat Celcius.

"Pada jam-jam tertentu, suhu turun drastis dan kelembapannya tinggi. Tujuh rider terjatuh. Kami harus bicara serius dengan Carmelo Ezpeleta, meminta balapan dimulai lebih awal. Ini bakal baik untuk keselamatan dan kesehatan para rider. Saya harap kami bisa mengubahnya, meski hanya 30 menit atau satu jam lebih awal. Jika balapan digelar pada jam yang sama, kelembapan bakal sangat membahayakan," ujar Lorenzo kepada GPOne.

1 dari 1 halaman

Sudah Bicara dengan Para Rider

Jorge Lorenzo dan Marc Marquez (c) HRC Jorge Lorenzo dan Marc Marquez (c) HRC

Pada tahun-tahun sebelumnya, sesi balap MotoGP Qatar biasa dimulai pada pukul 21.00 waktu setempat, namun mengalami perubahan sejak 2017, di mana balapan digelar pada pukul 20.00 akibat balapan nyaris ditunda akibat hujan. Usai melakukan pembicaraan dengan Lorenzo lewat telepon, Ezpeleta menyatakan akan membuka peluang memajukan start pada pukul 19.00.

"Saya sudah bicara dengan Jorge dan rider lain, dan kami harus mengevaluasi situasi. Saat ini kami belum ambil keputusan. Tapi jika sudah merupakan tanggung jawab kami untuk meningkatkan keselamatan bagi para rider, kami akan melakukannya. Jika memang benar ada kondisi yang sangat membahayakan, kami akan melakukan perubahan," ungkap Ezpeleta kepada Motorsport.com.

Jika perubahan jadwal ini benar-benar dilakukan oleh Dorna Sports, maka sesi balap Moto3 dan Moto2 diperkirakan akan kembali ke jadwal mereka pada 2018 lalu, yakni masing-masing pada pukul 16.00 dan 17.20.

10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR