BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Dorna Sports Umumkan Dukungan Finansial untuk Tim-Tim MotoGP

04-04-2020 08:50 | Anindhya Danartikanya

MotoGP Sepang, Malaysia 2019 (c) AP Photo MotoGP Sepang, Malaysia 2019 (c) AP Photo

Bola.net - Dorna Sports selaku promotor MotoGP resmi mengumumkan komitmen mereka dalam memberikan dukungan finansial kepada tim-tim satelit MotoGP, begitu pula seluruh tim Moto2 dan Moto3. Hal ini mereka sampaikan dalam situs resmi kejuaraan pada Jumat (3/4/2020).

Keputusan ini diambil mengingat MotoGP terpaksa menunda seri-seri perdananya akibat pandemi virus corona (Covid-19). Masa vakum sementara ini paling berdampak pada tim-tim tersebut, yang selama ini hanya beroperasi berkat dukungan finansial dari sponsor-sponsor yang ada.

Masa vakum ini juga membuat Dorna Sports tak mendapatkan pemasukan dengan jumlah seperti biasanya, namun mereka tetap bertekad membantu tim-tim yang ada (kecuali tim pabrikan MotoGP) setidaknya selama tiga bulan ke depan.

1 dari 3 halaman

Dibantu Selama Tiga Bulan

Untuk tim-tim satelit MotoGP, Dorna Sports memberikan bantuan finansial dengan cara memajukan waktu pembagian bonus uang yang biasanya diterima setiap tim satelit di setiap akhir akhir tahun, demi menghidupi kru yang ada di dalamnya.

"Lewat Asosiasi Tim Road-Racing Internasional (IRTA), tim-tim independen MotoGP, akan mendapatkan pembayaran yang dimajukan pada bulan April, Mei, dan Juni, terlepas dari apakah aktivitas balap akan dimulai atau tidak. Langkah ini dilakukan untuk menjamin keadaan ekonomi tim-tim satelit dan staf mereka, sekaligus mengamankan keberlanjutan mereka untuk masa depan," tulis Dorna Sports.

2 dari 3 halaman

Moto2 dan Moto3 Sudah Dibayar

Dorna juga memberikan bantuan kepada tim-tim Moto2 dan Moto3 dengan finansial yang dihitung berdasarkan jumlah pebalap yang dinaungi tim terkait. Uang yang diterima nanti pun akan dibagikan kepada kru secara adil. Kabarnya, tim-tim ini mendapatkan 25.000 euro per rider.

"IRTA telah melakukan pembayaran kepada semua tim Moto2 dan Moto3 untuk mendukung mereka dalam periode sulit ini. Penanganan lebih lanjut untuk tim-tim kelas intermediate dan kelas teringan akan dipertimbangkan pada waktu yang tepat," tutup Dorna Sports.

3 dari 3 halaman

Video: Marc Marquez Dikalahkan Sang Adik di MotoGP Virtual Race

KOMENTAR