BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Dorna Sports Bangga MotoGP Jadi Panutan Anak Muda untuk Vaksinasi Covid-19

17-03-2021 15:34 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse

Bola.net - CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, bangga mayoritas penghuni paddock MotoGP telah melakukan vaksinasi Covid-19 di Qatar, pada Jumat (12/3/2021). Lewat Diario AS, Minggu (14/3/2021), Ezpeleta mengaku berharap MotoGP bisa menginspirasi penggemar untuk melakukan hal yang sama sekalinya dapat kesempatan vaksinasi.

Keputusan MotoGP menerima tawaran vaksinasi Covid-19 Pfizer-BioNTech dan Moderna dari Pemerintahan Qatar ini memang sempat jadi topik utama di kalangan komunitas balap. Pasalnya, Formula 1 juga mendapatkan tawaran serupa dari Bahrain, namun menolak karena ingin pemerintah mendahulukan jatah warga negaranya sendiri.

Namun, Dorna sendiri memutuskan menerima tawaran dari Qatar setelah pemerintahan setempat menegaskan bahwa vaksinasi penghuni paddock MotoGP akan mendukung keamanan negara saat para peserta menjalani uji coba pramusim dan dua pekan balap pertama di Sirkuit Losail dari awal Maret sampai awal April nanti.

1 dari 3 halaman

Berkat Hubungan Erat dengan Pemerintahan Qatar

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (c) MotoGP.com CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (c) MotoGP.com

"Qatar sudah jadi bagian MotoGP sejak 2004, dan sejak 2007 selalu jadi seri pembuka. Hubungan kami sangat baik, dan tahun ini dua seri pertama akan digelar di sana. Pemerintahan Qatar bekerja sangat baik untuk memvaksin warga negaranya dan menawarkan kesempatan vaksinasi kepada Keluarga MotoGP," ungkap Ezpeleta.

"Kami pun sempat mempertimbangkannya karena ada rangkaian masalah logistik soal bagaimana vaksin akan datang, namun akhirnya memungkinkan untuk dilakukan, dan kami sangat berterima kasih kepada Pemerintahan Qatar atas kesempatan ini," lanjut pria berusia 74 tahun asal Spanyol ini.

Ezpeleta pun menyatakan bahwa vaksinasi ini juga bisa membantu Dorna mengendalikan keamanan di dalam 'bubble' paddock MotoGP, sekaligus agar kejuaraan ini bisa memberikan jaminan aman kepada negara-negara lain yang akan menggelar balapan musim ini. Ia pun berharap gelaran 2021 bisa berjalan lancar.

2 dari 3 halaman

Tunjukkan Betapa Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Ezpeleta tak memungkiri ada beberapa orang yang belum divaksin atas beberapa alasan. Tapi ia mengacungkan jempol kepada para pembalap yang telah memutuskan menerima vaksin ini. Ezpeleta pun berharap, usai melihat para rider menerima vaksin, fans mereka terinspirasi segera melakukannya saat kesempatannya tiba.

"Tak diragukan lagi bahwa para rider kami adalah tokoh dunia, yang diikuti oleh banyak orang, terutama anak-anak muda. Jadi, sangat penting menunjukkan efektivitas pencegahan yang harus dilakukan, seperti menggunakan masker dan menaati protokol kesehatan lainnya," ungkapnya.

"Kini para rider MotoGP, yang juga atlet elit yang selalu peduli pada kondisi kesehatannya, telah divaksin dan ini adalah panutan bagi semua orang untuk memahami betapa pentingnya vaksinasi sesegera mungkin," pungkas Ezpeleta. MotoGP Qatar akan digelar pada 26-28 Maret, sementara MotoGP Doha akan digelar pada 2-4 April.

Sumber: Diario AS

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR