BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Dominasi Yamaha dan Fakta Menarik Menjelang Balapan MotoGP Andalusia 2020

26-07-2020 12:01 | Asad Arifin

Selebrasi Fabio Quartararo usai juarai MotoGP Jerez 2020. (c) AP Photo Selebrasi Fabio Quartararo usai juarai MotoGP Jerez 2020. (c) AP Photo

Bola.net - Balapan MotoGP Andalusia 2020 akan digelar pada Minggu (26/7/2020) di Sirkuit Jerez. Marc Marquez tidak akan ambil bagian dan Yamaha mampu tampil dominan pada sesi sebelum balapan dimulai.

Marc Marquez sempat menjajal tampil pada latihan bebas ketiga dan keempat MotoGP Andalusia meskipun baru menjalani operasi lengan kanan pada Selasa (21/7/2020). Namun, ia akhirnya menyerah pada Kualifikasi 1, Sabtu (25/7/2020), karena kondisi lengannya tidak mendukung.

Alhasil, Marc Marquez terpaksa hanya bisa menyaksikan rival-rivalnya bersaing memperebutkan podium juara. Marquez tak bisa meraih poin dalam dua balapan beruntun karena pekan lalu dia gagal finis di MotoGP Jerez karena terjatuh.

Posisi start terdepan pada MotoGP Andalusia 2020 ditempati pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Adapun posisi kedua dan ketiga akan diisi Maverick Vinales (Monsters Energy Yamaha) dan Francesco Bagnaia (Pramac Ducati). Valentino Rossi membuntuti di posisi start keempat.

Siapa yang akan memenangi balapan MotoGP Andalusia nanti?

Sebelum menyimak balapan yang seru berikut ini Bola.com menyajikan beberapa fakta menarik terkait MotoGP Andalusia 2020, yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

1. Quartararo Incar Dua Kemenangan Beruntun

Selebrasi Fabio Quartararo usai menangi MotoGP Jerez 2020. (c) AP Photo Selebrasi Fabio Quartararo usai menangi MotoGP Jerez 2020. (c) AP Photo

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, berhasil menyabet pole pada MotoGP Andalusia 2020 setelah jadi yang tercepat pada sesi kualifikasi, Sabtu (25/7/2020). Ia berhasil membukukan dua pole secara beruntun pada awal musim ini, setelah pekan lalu juga start terdepan di MotoGP Jerez 2020, di sirkuit yang sama.

Pembalap Prancis itu juga punya kans melengkapi pole itu dengan kemenangan pada balapan Minggu (26/7/2020). Mampukah Quartararo mencatatkan dua kemenangan beruntun di MotoGP 2020?

2 dari 5 halaman

2. Rekor Buruk Marquez

Marc Marquez dan Emilio Alzamora (c) Twitter/HRC Marc Marquez dan Emilio Alzamora (c) Twitter/HRC

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dipastikan absen pada MotoGP Andalusia 2020 karena cedera di lengannya belum pulih benar. Marquez mengikuti FP3 dan FP4, tapi akhirnya menyerah saat Kualifikasi 1.

Ini kali pertama sejak awal kariernya di MotoGP Marquez belum mendulang poin setelah dua balapan pertama musim yang baru.

Marc Marquez diperkirakan baru kembali ke lintasan pada MotoGP Rep Ceska, 9 Agustus 2020.

3 dari 5 halaman

3. Unjuk Keperkasaan Yamaha

Franco Morbidelli dan Valentino Rossi (c) SRT/Yamaha Franco Morbidelli dan Valentino Rossi (c) SRT/Yamaha

Yamaha berhasil mengirimkan dua pembalap ke podium satu-dua pada MotoGP Jerez pekan lalu, melalui Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha). Bahkan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) finis kelima. Hanya Rossi yang gagal finis.

Yamaha punya kans kembali unjuk keperkasaan. Kans kembali menguasai podium terbuka lebar karena Quartararo dan Vinales akan start dari posisi satu dan dua.

4 dari 5 halaman

4. Menunggu Kebangkitan Rossi

Valentino Rossi dan Casey Stoner di MotoGP Laguna Seca, Amerika Serikat, 2008 (c) MotoGP.com Valentino Rossi dan Casey Stoner di MotoGP Laguna Seca, Amerika Serikat, 2008 (c) MotoGP.com

Valentino Rossi gagal finis pada lomba MotoGP Jerez di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu akibat motor Yamaha YZR-M1 dibebat kendala teknis.

Namun sebelum motor mengalami masalah teknis, Valentino Rossi sangat kesulitan sepanjang rangkaian MotoGP Jerez. Hal ini berbanding terbalik dengan semua pengendara Yamaha YZR-M1 lainnya. Ketika ditanya apa masalahnya, jawaban Rossi masih seperti musim lalu: yaitu ban belakang produksi Michelin.

Pada MotoGP Andalusia, Rossi menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Dia tampil cepat pada latihan bebas pertama dan menempati posisi kedua.

The Doctor juga akan start pada posisi keempat, jadi peluanganya untuk naik podium cukup terbuka. Mampukah The Doctor bangkit?

5 dari 5 halaman

5. Juara Unik

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Balapan MotoGP Andalusia bisa dibilang unik dan spesial. Untuk kali pertama para pembalap akan berduel di sirkuit yang sama dalam dua pekan beruntun, hanya berbeda label seri. Pekan lalu balapan di Jerez diberi tajuk MotoGP Jerez, kali ini MotoGP Andalusia.

Pemenang dari balapan ini juga bakal menjadi juara yang unik. Mungkin ke depan tak akan pernah ada lagi balapan berlabel MotoGP Andalusia.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Yus Mei Sawitri, 26 Juli 2020)

KOMENTAR