BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Dokter MotoGP Heran Marc Marquez Fit Balapan 2 Hari Setelah Operasi

24-07-2020 08:41 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez dan Emilio Alzamora (c) Twitter/HRC Marc Marquez dan Emilio Alzamora (c) Twitter/HRC

Bola.net - Direktur Medis MotoGP, dr. Angel Charte, mengaku heran melihat kondisi fisik Marc Marquez yang begitu bugar usai mengalami patah tulang humerus kanan usai kecelakaan di Jerez, Spanyol, pada Minggu (19/7/2020) dan menjalani operasi di Barcelona pada Selasa (21/7/2020).

Sempat diperkirakan baru kembali di MotoGP Brno, Ceko, 7-9 Agustus, Marquez malah memutuskan kembali ke Jerez pada Kamis (23/7/2020). Ia bertekad menjalani tes medis untuk melihat apakah ia bisa ikut dalam pekan balap MotoGP Andalusia di trek yang sama pada 24-26 Juli.

Menjalani tes medis dengan dr. Charte, Marquez pun dinyatakan fit untuk berpartisipasi dalam pekan balap. Dr. Charte pun mengaku heran Marquez tak merasakan sakit ketika diminta melakukan gerakan-gerakan yang mendukung evaluasi kondisi cederanya.

1 dari 3 halaman

Takkan Turun Lintasan pada Jumat

Meski begitu, Marquez dipastikan takkan turun lintasan dalam sesi latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2) pada Jumat (24/7/2020) untuk meminimalisasi kondisi yang lebih buruk, dan baru akan berkendara di sesi latihan bebas ketiga (FP3) pada keesokan harinya.

Berikut pernyataan resmi Direktur Medis MotoGP, dr. Angel Charte, mengenai tes medis yang dilakoni Marc Marquez di Medical Center Sirkuit Jerez, pada Kamis (23/7/2020), seperti yang dilansir oleh Cycle News.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi dr. Angel Charte

dr. Angel Charte (c) MotoGP.com dr. Angel Charte (c) MotoGP.com

"Seperti yang Anda semua ketahui, Marc Marquez mengalami kecelakaan yang membuatnya mengalami cedera, yakni fraktur diaphyseal pada tulang humerusnya. Ia menjalani operasi di mana tim dokter meletakkan plat, dan 48 jam kemudian, seperti yang tertera dalam regulasi medis, ia punya hak untuk meminta evaluasi medis demi berpartisipasi dalam balapan berikutnya.

"Hari ini ia datang ke unit pemeriksaan medis, di mana tim dokter mencoba segala pergerakan yang melibatkan cedera macam ini, dan ternyata ia bisa melakukan semuanya dengan sempurna. Tak ada tanda rasa sakit atau ketidakmampuan mekanis pada lengan kanannya, dan atas alasan ini, pemeriksaan medis menyeluruh, meski aneh bagi kami, hasilnya positif.

"Ini membuktikan si pebalap benar-benar siap untuk ikut balapan. Seberapa besar persentasenya, kami tak bisa mengungkapkannya, tapi ia memenuhi semua protokol medis mendetail untuk jenis cedera ini."

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR