BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Diuntungkan Rins-Morbidelli, Dovizioso Menyerah Kejar Gelar

23-09-2019 10:15 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, mengaku bahwa kesuksesannya meraih podium di MotoGP Aragon, Spanyol, Minggu (22/9/2019) juga diuntungkan oleh insiden senggolan yang dialami Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT). Hal ini ia sampaikan kepada Crash.net.

Start ke-10, Dovizioso berada di posisi 11 di tikungan pertama, namun segera naik dua posisi usai Rins menyenggol Morbidelli sampai terjatuh, sementara Joan Mir (Suzuki Ecstar) ikut melebar. Ia pun naik ke posisi 7 setelah menyalip Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) pada lap pertama.

Dovizioso pun terus memperbaiki posisi dengan menyalip Valentino Rossi, Aleix Espargaro, dan Fabio Quartararo. Pada Lap 15, ia pun menyalip Jack Miller, dan Maverick Vinales pada Lap 21. Ia pun finis kedua dengan margin 4,8 detik di belakang Marc Marquez, dan unggul 0,6 detik atas Miller.

1 dari 2 halaman

Podium yang Penting Usai Silverstone-Misano

"Usai start yang baik, saya terhalang, jadi tak bisa naik posisi. Lalu Alex dan Franco melakukan kesalahan, dan membuka pintu bagi saya. Sejak itu, saya mengendalikan balapan dengan sempurna. Saya tak ngotot, tak terlalu banyak memakai ban belakang, dan ini membuat saya konsisten sampai lap terakhir, sementara para rival mengalami drop. Jadi saya senang," ujarnya.

Menurut rider Italia berusia 33 tahun ini, podium kali ini terasa berharga, usai ia terjatuh dan gagal finis pada lap pertama di Silverstone, Inggris, dan hanya mampu finis keenam di Misano, San Marino. Di lain sisi, ia juga mengaku sudah tak lagi ambisius mengejar gelar, karena sudah tertinggal 98 poin dari Marquez.

"Di MotoGP, naik posisi sangatlah sulit, jadi saya cukup senang, apalagi kembali naik podium adalah hasil penting bagi kami usai dua seri terakhir. Kami berpeluang menang di Silverstone, tapi saya tak bisa, dan balapan di Misano sangat sulit. Saya senang, meski margin dengan Marc di klasemen semakin buruk," ungkap Dovizioso.

2 dari 2 halaman

Perlebar Margin dari Alex Rins

Meski sudah sulit merebut gelar dunia, Dovizioso berhasil menambah keunggulan atas Rins di klasemen pebalap. Dengan 202 poin, juara dunia GP125 2004 ini unggul 46 poin atas rider Spanyol tersebut.

"Saya tak memeriksa ritme balap, tapi saya rasa Alex sangat cepat, dan saya sempat mengira Alex bakal sangat kuat dalam balapan ini. Saya rasa ia akan mencoba sampai akhir di Valencia, jadi kami harus tetap fokus dan terus naik podium," pungkas Dovizioso.

Dovizioso dan para pebalap lainnya akan menjalani rehat selama sepekan, sebelum terbang ke Sirkuit Buriram untuk menjalani MotoGP Thailand pada 4-6 Oktober mendatang.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR