BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ditinggal Red Bull, Tech 3 Tegaskan Bantuan KTM Tetap Sama

30-09-2020 14:30 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona (c) KTM/Tech 3 Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona (c) KTM/Tech 3

Bola.net - Manajer Tim Red Bull KTM Tech 3, Herve Poncharal, tak memungkiri dirinya sedih bukan kepalang karena Red Bull bertekad mengakhiri dukungan sponsor untuk timnya di MotoGP pada akhir musim ini. Kepada Speedweek, Selasa (29/9/2020), Poncharal mengaku tak menduga kerja sama ini akan berakhir lebih awal dari rencana.

Usai memutuskan ogah lagi jadi tim satelit Yamaha, Tech 3 Racing bergabung dengan KTM pada awal 2019 dengan kontrak tiga musim. Tim asal Prancis ini pun disponsori oleh Red Bull Energy Drink. Namun, tahun ini peran sponsor utama diambil alih oleh Red Bull Organics, divisi Red Bull yang memproduksi minuman cola.

Red Bull pun tadinya diprediksi akan kembali mendukung Tech 3 pada tahun ketiga, namun produsen asal Austria itu justru menolak. Yang lebih menyakitkan, palu diketok tepat sebelum rider Tech 3, Miguel Oliveira, memenangi balapan di Styria, Austria, kandang KTM, dan juga Red Bull sendiri.

"Saya orang sentimental. Saya ingin bahagia dan suka jika orang di sekitar bahagia juga. Saya ingin memberikan yang terbaik kepada sponsor, pabrikan, dan tim. Sedih rasanya melihat sesuatu berakhir lebih awal. Tapi uang bukan segalanya, saya ingin jadi bagian dari kelompok orang yang suka bersenang-senang," ujar Poncharal.

1 dari 3 halaman

Berpisah Saat Lagi Oke-okenya

Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM/Polarity Photo Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM/Polarity Photo

Keputusan Red Bull untuk hengkang dari Tech 3 juga dianggap Poncharal aneh karena KTM sedang mengalami tren performa yang sangat baik. Sebagai tambahan dari kemenangan Oliveira, Brad Binder dan Pol Espargaro yang merupakan rider Red Bull KTM Factory Racing, masing-masing menang di Ceko dan meraih dua podium.

"Saya rasa kerja sama kami tak buruk. Tahun lalu, kami membantu KTM mengembangkan motor, dan pada musim dingin lalu, berkat kerja keras banyak orang, motor kami mengalami peningkatan besar. Tahun ini bahkan menang dua kali dan meraih beberapa podium tambahan," ungkap Poncharal.

"Sejauh ini, situasinya bagus untuk Red Bull, KTM, dan Tech 3. Tapi saya yakin probabilitas kehilangan Red Bull jauh lebih besar ketimbang mempertahankannya. Ini bagi saya aneh, karena Tech 3 punya kontrak tiga tahun dengan KTM, walau Red Bull memang negosiasi per tahun," lanjut pria asal Prancis ini.

2 dari 3 halaman

KTM Tawarkan Bantuan Cari Sponsor Pengganti

Manajer Tim Red Bull KTM Tech 3, Herve Poncharal (c) KTM/Gold and Goose Manajer Tim Red Bull KTM Tech 3, Herve Poncharal (c) KTM/Gold and Goose

Di lain sisi, Poncharal menyatakan bahwa CEO KTM, Stefan Pierer, dan Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, sudah menegaskan bahwa Tech 3 akan tetap mendapatkan dukungan teknis dan finansial yang sama baiknya seperti dua tahun belakangan. KTM bahkan menawarkan bantuan untuk mencarikan sponsor pengganti.

"Tuan Pierer berkata kepada saya lewat Pit bahwa kami juga tim pabrikan, dan yang berubah nantinya hanyalah warna motor, truk, dan seragam tim. KTM akan terus mendukung kami, tak ada yang berubah dalam hal ini, baik soal dukungan teknis atau finansial," tutur Poncharal.

Meski begitu, ia masih menunggu konfirmasi dari pihak-pihak terkait. "Mereka bilang kami tak perlu cemas. Inilah status terkini kami, tapi kami masih menunggu konfirmasi yang resmi. Saya tak tahu kapan kabar baru akan datang, tapi saya harap kami bisa segera menyelesaikannya," pungkasnya.

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Momen Brad Binder Menangi MotoGP Ceko

KOMENTAR