BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Disebut KTM Sia-siakan Pedrosa, Ini Tanggapan Honda

03-03-2019 09:55 | Anindhya Danartikanya

Dani Pedrosa (c) AFP Dani Pedrosa (c) AFP

Bola.net - Honda Racing Corporation (HRC) akhirnya memberikan tanggapan kepada CEO KTM, Stefan Pierer, yang menyebut mereka 'berpikiran dangkal' karena telah melepas Dani Pedrosa. Manajer Tim Repsol Honda, yang juga eks manajer pribadi Pedrosa, Alberto Puig pun membantah bahwa pihaknya menyia-nyiakan sang tiga kali juara dunia tersebut.

Pedrosa menjalani debut Grand Prix pada 2001 dan selalu membela Honda, bahkan tak pernah membela tim selain Repsol Honda di MotoGP sejak 2006 sampai memutuskan pensiun pada akhir 2018. Sempat dikabarkan bakal tetap menjadi ikon Honda, Pedrosa justru menerima tawaran KTM sebagai test rider terhitung sejak 2019.

"Tak seperti pabrikan Jepang, kami sungguh berasas kekeluargaan. Kami mendukung orang-orang kami pada masa baik dan buruk. Saat rider kami celaka, kami mendampinginya. Anda harus bayangkan, Dani Pedrosa didepak secara instan usai 14 tahun bersama Honda. Betapa dangkalnya pikiran mereka? Dani adalah pahlawan! Ia adalah seorang duta!" ujar Pierer kepada Motorsport di sela peluncuran tim-tim KTM pada pertengahan bulan lalu.

1 dari 2 halaman

Terbukti dari Tiga Gelar

Puig, yang telah mendampingi Pedrosa sejak anak-anak dan menjadi manajer pribadinya sampai tahun 2013, meyakini bahwa tuduhan Pierer sungguh tak beralasan. Pria Spanyol ini justru menyatakan bahwa Honda lah satu-satunya pabrikan yang sangat mengapresiasi Pedrosa dengan cara memberi dukungan besar sepanjang kariernya.

"Saya merupakan bagian dari kisah Dani, dan atas alasan ini saya tak paham mengapa Pierer mengatakannya. Jika ada pihak yang mendukung Dani sepanjang perjalanannya, maka itu adalah Honda," ujar Puig, juga kepada Motorsport.

Puig juga menyatakan bahwa dukungan Honda bisa dilihat dari gelar dunia GP125 2003, GP250 2004 dan 2005 yang diraih Pedrosa, serta kesempatan yang mereka berikan untuk membela Repsol Honda pada 2006-2018.

"Pada 2007, usai Nicky Hayden meraih gelar dunia, Honda coba melakukan perubahan radikal pada desain prototipe demi menyesuaikannya dengan Dani. Secara umum, 13 tahun di MotoGP, dukungan Honda pada Dani sungguh besar baik dalam susah maupun senang," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Pindah ke KTM Keputusan Pedrosa

Puig juga menyatakan bahwa pindah ke KTM adalah murni keputusan Pedrosa, mengingat pihaknya sudah berupaya merayunya bertahan sebagai test rider dan brand ambassador pabrikan Sayap Tunggal.

"Demi menyamai level ini, KTM harus mempertahankan Pol dan Johann di tim pabrikan mereka sampai 2031, dan saya ingin lihat mereka melakukannya. Kami bakal senang bila Dani mau jadi test rider dan brand ambassador Honda, tapi ia memutuskan untuk menempuh jalan lain, yang jelas, kami hormati 100%," pungkasnya.

10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR