BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Digelar Virtual, Inilah Jadwal Peluncuran Tim-Tim MotoGP 2021

28-01-2021 11:55 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha

Bola.net - Musim MotoGP 2021 akan dimulai di Losail, Qatar, pada 26-28 Maret, dan beberapa tim peserta sudah mulai menentukan jadwal peluncuran dan presentasi skuad mereka. Mengingat pandemi Covid-19 masih merebak, maka gelaran-gelaran ini akan berlangsung secara virtual.

Monster Energy Yamaha jadi tim pertama yang mengumumkan tanggal peluncuran, yakni pada tanggal 15 Februari 2021. Maverick Vinales dan Fabio Quartararo pun beberapa hari belakangan telah berada di Gerno di Lesmo, Italia, untuk menjalani sesi pemotretan dengan corak baru.

Tim kedua yang mengumumkan jadwal peluncuran skuadnya adalah Ducati Team, yang musim ini akan menaungi Jack Miller dan Francesco 'Pecco' Bagnaia. Tim yang bermarkas di Borgo Panigale, Bologna, Italia ini akan menggelar presentasi tim pada 9 Februari 2021.

1 dari 3 halaman

Beberapa Tim Sudah Pamerkan Corak

Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Sky Racing VR46 Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Sky Racing VR46

Salah satu rider Esponsorama Racing, Luca Marini, yang juga bagian dari Sky Racing VR46, sudah memamerkan coraknya lebih dulu di Tavullia, Italia, pada 10 Desember 2020. Namun, corak motor Enea Bastianini baru akan dipamerkan pada 5 Februari 2021. Meski begitu, belum diketahui apakah Marini juga akan hadir dalam gelaran itu.

Tim lain yang sudah memamerkan skuadnya adalah Red Bull KTM Factory Racing, yang merilis foto-foto perdana Miguel Oliveira dan Brad Binder sebagai tandem di kelas tertinggi. Namun, belum diketahui apakah mereka akan menggelar presentasi tim yang lebih formal.

Tadinya, KTM dikabarkan bertekad menggelar peluncuran tim pabrikan bersamaan dengan skuad Tech 3 KTM Factory Racing yang akan menaungi Danilo Petrucci dan Iker Lecuona pada 12 Februari 2021. Meski begitu, belum ada pernyataan resmi dari kedua belah pihak.

2 dari 3 halaman

Covid-19 dan Cedera Bikin Sulit Pastikan Tanggal

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Facebook/Petronas Yamaha SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Facebook/Petronas Yamaha SRT

Petronas Yamaha SRT, yang menaungi Franco Morbidelli dan Valentino Rossi, tadinya memilih 18 Februari 2021 untuk meluncurkan tim di Sepang, Malaysia. Namun, uji coba pramusim di trek itu dibatalkan. Sang Team Principal, Razlan Razali, mengaku bertekad menggelarnya di sela uji coba pramusim Qatar pada Maret, meski belum memilih tanggal.

Repsol Honda, yang biasanya jauh-jauh hari mengumumkan tanggal peluncuran tim, kali ini masih bungkam, mengingat Marc Marquez belum diketahui kapan kembali. Namun, mereka sudah memamerkan corak motor Pol Espargaro lewat video di mana tim ini memberi kejutan berupa RC213V di rumahnya pada Tahun Baru.

Jadwal peluncuran tim-tim peserta MotoGP 2021:

  • Esponsorama Racing (Luca Marini): 10 Desember 2020
  • Red Bull KTM Factory Racing: 19 Januari 2021 (berupa foto)
  • Esponsorama Racing (Enea Bastianini): 5 Februari 2021
  • Ducati Team: 9 Februari 2021
  • Monster Energy Yamaha: 15 Februari 2021
  • Petronas Yamaha SRT: 8 atau 9 Maret 2021

Belum menentukan tanggal:

  • Suzuki Ecstar
  • Repsol Honda
  • Aprilia Racing Team Gresini
  • LCR Honda Idemitsu-Castrol
  • Pramac Racing
  • Tech 3 KTM Factory Racing
3 dari 3 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR