Didekati 3 Tim, Alex Rins Lega Masa Depannya di MotoGP Aman

Anindhya Danartikanya | 24 Juni 2022, 10:27
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing

Bola.net - Usai patah hati mendapatkan kepastian bahwa Suzuki akan mundur dari MotoGP akhir musim nanti, Alex Rins kini mantap menatap masa depan. Mengingat dirinya didekati tiga tim sekaligus, ia merasa percaya diri bisa bertahan di MotoGP pada 2023. Hal ini ia katakan kepada Crash.net di Assen, Belanda, Kamis (23/6/2022).

Rins diketahui didekati RNF Aprilia dan Gresini Racing, namun kabar terakhir menyatakan ia cenderung akan merapat ke LCR Honda. Jika benar-benar pindah ke LCR, maka Rins berpotensi besar menggantikan eks tandemnya di Estrella Galicia 0,0 Honda Moto3, Alex Marquez. Ia juga bisa ditandemkan dengan rider Moto2, Ai Ogura.

Sampai saat ini, Rins belum juga menjatuhkan pilihan, namun ia tetap merasa lega karena masa depannya sudah jelas dan takkan pindah ke kejuaraan lain. Ia tak memungkiri bahwa mundurnya Suzuki sangat membuatnya terpukul, namun kepercayaan yang diberikan tim-tim lain membuatnya merasa sangat senang.

1 dari 2 halaman

Merasa Nyaman dengan Banyak Opsi

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing

"Saya sangat menghargai semua tim dan pabrikan yang mendatangi saya, karena jujur saja situasi ini (hengkangnya Suzuki) tidak mudah. Saya pun cukup nyaman, karena kami punya beberapa opsi. Tapi saya belum memutuskan. Kita lihat saja nanti apakah kami bisa mengatakan sesuatu dalam waktu dekat," ungkap Rins.

Baik RNF maupun LCR dipastikan akan mendapatkan motor spek teranyar dari pabrikan masing-masing tahun depan. Di lain sisi, Gresini Racing tampaknya akan tetap mendapatkan motor dengan spek berusia setahun dari Ducati, seperti halnya Enea Bastianini yang musim ini sekadar mendapatkan Desmosedici GP21 alih-alih GP22.

Rins menyatakan ketiga opsi sama-sama oke, namun tak memungkiri keinginannya mengendarai spek teranyar dan setara para pembalap tim pabrikan. Dengan begitu, RNF dan LCR memenuhi kriteria yang ia inginkan. Namun, mengingat RNF santer dikabarkan teken kontrak dua musim dengan Miguel Oliveira, Rins diperkirakan akan membela LCR.

2 dari 2 halaman

Sungkan Beri Penolakan

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing

"Saya tertarik pada semua opsi, dan ini sudah jelas. Saya tak tahu apakah ini akan terdengar agak egois, tapi saya rasa saya layak mendapatkan motor (spek) 2023. Pasalnya, saya bekerja sangat keras," ungkap Rins, yang selama membela Suzuki sudah mengoleksi 15 podium, termasuk 3 kemenangan.

"Ada beberapa opsi yang bisa menyediakan motor 2023 untuk saya. Ada juga yang tak menyediakan motor 2023 namun tawarannya cukup menarik. Jadi, tak mudah menjatuhkan pilihan. Saya juga tak suka menolak tim yang tertarik pada saya. Kami akan menganalisa situasi dengan baik," pungkasnya.

Saat ini, Rins berada di peringkat kedelapan pada klasemen pembalap dengan koleksi 69 poin, jumlah poin yang juga dikoleksi sang tandem, Joan Mir, di peringkat kesembilan. Rins memiliki peringkat lebih tinggi dari Mir karena ia telah mengoleksi dua podium musim ini, sementara Mir masih puasa trofi.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR