Dibimbing Alberto Giribuola, Akankah Enea Bastianini Jadi Penerus Andrea Dovizioso di Ducati?

Anindhya Danartikanya | 29 Maret 2022, 10:40
Andrea Dovizioso dan Enea Bastianini (c) RNF Racing, Gresini Racing
Andrea Dovizioso dan Enea Bastianini (c) RNF Racing, Gresini Racing

Bola.net - Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso, meyakini bahwa rider Gresini Racing, Enea Bastianini, merupakan rider Ducati dengan situasi terbaik saat ini. Dovizioso menyatakan hal itu karena Bastianini didampingi oleh Alberto Giribuola, yang sempat menjadi crew chief-nya di Ducati Team pada 2016-2020.


Giribuola tercatat sebagai salah satu crew chief termuda di MotoGP, karena usianya yang saat ini masih 38 tahun. Namun, usia muda ini bisa mempermudah kerja samanya dengan Bastianini yang masih berusia 24 tahun, apalagi ia sudah punya banyak pengalaman di MotoGP, dan telah bekerja di lingkup Ducati Corse lebih dari satu dekade.

Bersama Giribuola, Dovizioso berhasil membawa Ducati ke puncak usai masa-masa kelam. Meski tak merebut gelar dunia, Dovizioso sukses tiga kali menjadi runner up MotoGP, dan jadi rival tunggal bagi sang delapan kali juara dunia, Marc Marquez. Namun, kerja sama mereka berakhir setelah 'Dovi' hengkang dari Ducati pada akhir 2020.

1 dari 2 halaman

Tahu Betapa Hebatnya Alberto Giribuola

Pada 2021, Ducati memindahkan Giribuola ke Avintia Esponsorama untuk mendampingi Bestia, meraih dua podium di Seri San Marino dan Emilia Romagna meski sekadar pakai Desmosedici GP19. Tahun ini, Giribuola ikut dipindahkan bersama Bastianini ke Gresini. Dengan GP21, tes pramusim mereka apik, bahkan sukses menang di Qatar.

"Saya rasa, ini kontribusi yang besar. Tahun lalu musim perdana Enea, punya orang yang tepat di sisinya bisa bikin perbedaan, apalagi ia tak punya kans mengembangkan motor. Saya tahu betapa hebatnya Alberto dan sudah jelas tim mereka bekerja dengan baik, karena Anda tak bisa menang hanya dengan satu orang," ujar Dovizioso via Autosport, Kamis (17/3/2022).

Saat ini, Bastianini juga tengah mengincar tempat di Ducati Lenovo Team, yang kini sedang diisi oleh Jack Miller. Selain Miller, ia juga harus bersaing dengan rider Pramac Racing, Jorge Martin. Namun, Dovizioso meyakini bahwa Bastianini memiliki situasi terbaik karena Giribuola sudah lama bekerja di Ducati.

2 dari 2 halaman

Alberto Giribuola Tahu Segalanya Soal Ducati

Alberto Giribuola dan Enea Bastianini (c) Gresini Racing

Dovizioso menyebut Giribuola kenal Ducati luar dalam dan hal ini bakal membantu Bastianini mendapatkan performa terbaik. "Saya rasa Enea ada dalam situasi yang tepat karena ia punya seseorang yang dekat dengannya sekaligus tahu segalanya soal Ducati, dan saya tahu benar cara kerja Ducati," tuturnya.

"Memiliki seseorang yang bisa tetap fokus pada apa yang Anda butuhkan untuk melaju cepat di atas motor, tak membuang-buang waktu pada hal berbeda, paham apa yang harus Anda lakukan dan tak boleh Anda lakukan, bisa menyajikan perbedaan," lanjut pembalap berusia 36 tahun ini.

"Ini juga punya andil besar soal alasan Enea jadi sangat kompetitif akhir musim lalu. Ia menjalani tes pramusim dengan sangat baik dan memenangi balapan pertama," pungkas Dovizioso, yang akan segera bertolak ke Argentina untuk menjalani seri ketiga musim ini di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 1-3 April mendatang.

Sumber: Autosport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR