BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Demi 'Perkenalan', Andrea Dovizioso Siap Dipanggil Repsol Honda Uji Coba di Qatar

25-01-2021 19:15 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso (c) Ducati Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Andrea Dovizioso dikabarkan takkan merasa keberatan jika Repsol Honda tiba-tiba memintanya turun di uji coba pramusim MotoGP Qatar pada Maret nanti sebagai masa-masa 'perkenalan ulang', sebelum benar-benar ambil keputusan menjadikannya sebagai pengganti sementara Marc Marquez.

Hal ini disampaikan manajer pribadi Dovizioso, Simone Battistella, kepada Sky Sport pada Senin (25/1/2021), mengingat belakangan ini 'Dovi' memang santer digosipkan bisa menggantikan Marquez yang masih dalam tahap penyembuhan cedera patah tulang lengan cukup parah sejak Juli 2020.

Battistella mengakui sampai saat ini belum ada kepastian dari Repsol Honda, dan Februari akan jadi momen krusial untuk ambil keputusan. Namun, ia menyebut Dovizioso mau-mau saja jika diminta menjajal RC213V lebih dulu di uji coba Qatar, 6-7 dan 10-12 Maret sebagai masa 'percobaan' dan evaluasi.

1 dari 3 halaman

Bukan Orang Asing di Repsol Honda

Sejatinya, Dovizioso bukan wajah asing bagi Repsol Honda, karena ia pernah membela tim itu pada 2009-2011. Tapi kala itu ia mengendarai motor RC212V berkapasitas mesin 800cc, yang tentunya sangat berbeda dengan RC213V berkapasitas 1000cc. Alhasil, wajar saja andai Honda memanggilnya untuk evaluasi di uji coba Qatar.

"Kalau dipikir-pikir, jika panggilan itu dilakukan demi mengenal satu sama lain dan demi memahami reaksi Andrea di atas motor, saya bisa katakan 'oke'. Kita ini bicara soal motor pemenang dan rider yang selalu tampil kuat di Qatar. Ini kombinasi yang akan menarik baik bagi fans maupun yang bukan fans," ujar Battistella.

Namun, andai Dovizioso memang diminta Repsol Honda membela mereka di MotoGP 2021, bagaimana nasibnya jika Marquez pulih dan siap kembali? Battistella belum tahu jawabannya. Yang pasti, tim itu takkan menurunkan tiga rider, karena tak sesuai regulasi dan sudah ditentang keras CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

2 dari 3 halaman

Takkan Jadi Rider Ketiga Repsol Honda

"Jujur, saya tak yakin Honda akan membiarkan Dovi memulai musim, lalu melepasnya pada tengah atau menjelang akhir musim. Tapi kans memulai musim sebagai tandem Pol Espargaro dan lalu menambahkan motor ketiga saat Marc kembali jelas tidak mungkin, karena Carmelo sudah menentangnya. Jadi, saya tak yakin ada banyak variabel yang bisa kami ulik," ujar Battistella.

"Kita tunggu saja nanti, sementara Andrea dengan tenang bekerja dalam keseriusan dan komitmen yang sudah ia pegang teguh. Jelas kami tak suka sembunyi-sembunyi, dan menonton dua balapan di Qatar sembari duduk di sofa rumah takkan mudah, apalagi Dovi takkan mungkin ada di trek motocross pada jam-jam itu," tutupnya.

Dovizioso sendiri saat ini sedang intensif menjalani program latihan motocross, sebagai langkah antisipasi andai tak ada kans turun di MotoGP 2021. Meski begitu, belum diketahui di kejuaraan mana rider berusia 34 tahun itu akan turun, entah di level nasional atau level dunia seperti MXGP.

Sumber: Sky Sport

3 dari 3 halaman

Video: Joan Mir Sukses Rebut Kemenangan di MotoGP Eropa

KOMENTAR