BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Demi Masa Depan Italia: Valentino Rossi Beber Alasan VR46 Pilih Ducati

25-06-2021 09:30 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Bola.net - Rider Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, menjelaskan alasan VR46 Team akhirnya memilih bertahan sebagai tim satelit Ducati Corse di MotoGP 2022, ketimbang menjadi tim satelit Yamaha, di mana ia selama ini menjadi ikon dan legendanya. Hal ini ia sampaikan via jumpa pers di Assen, Belanda, Kamis (24/6/2021).

VR46 Team sudah turun di MotoGP tahun ini, melebur dengan Avintia Esponsorama, menurunkan Luca Marini. Esponsorama pun mundur akhir musim nanti, dan slotnya diambil alih sepenuhnya oleh VR46 Team tahun depan. Namun, pertimbangan soal pabrikan mana yang akan mereka ajak kerja sama memakan waktu cukup panjang.

Sebagai tim balap Rossi, skuad yang musim depan akan bernama Aramco Racing Team VR46 ini tentu ingin jadi tim satelit Yamaha. Namun, pabrikan Garpu Tala diketahui keberatan menurunkan lebih dari empat motor dan urung memutus kerja sama mereka dengan Petronas SRT yang terbukti sukses dan sudah terjalin sejak 2019.

1 dari 3 halaman

Keseimbangan Biaya Balap dan Dukungan Teknis

Rossi mengaku timnya tak hanya bicara dengan Yamaha dan Ducati, seolah membenarkan skuadnya pernah diskusi dengan Aprilia. Tapi ada banyak faktor yang memengaruhi keputusan VR46 Team, salah satunya adalah pabrikan mana yang bisa menawarkan biaya balap yang seimbang dengan dukungan teknis yang disediakan.

"Kami bicara dengan banyak pabrikan berbeda, tapi saat menjalani negosiasi macam ini, Anda memang punya banyak pertimbangan berbeda. Anda harus mempertimbangkan harga motor, besarnya dukungan teknis, dan lain-lain. Pada akhirnya, pilihan kami mengerucut antara Yamaha dan Ducati," ujar Rossi.

Ducati pun akhirnya mampu menyediakan keseimbangan yang diinginkan VR46 tersebut. Selain itu, Rossi menyebut, fakta Ducati sebagai pabrikan Italia juga punya andil dalam keputusan ini. Menurutnya, ini sangat selaras dengan misi VR46 Riders Academy yang ingin lebih jauh mengembangkan talenta rider-rider muda Italia.

2 dari 3 halaman

Kembangkan Rider Italia di Pabrikan Italia

"Kami akhirnya memutuskan memilih Ducati. Saat bicara bareng, kami memang sudah punya hubungan yang sangat baik dengan Paolo Ciabatti (Sporting Director Ducati Corse), yang selalu bekerja keras mewujudkan proyek ini, begitu juga dengan Gigi Dall'Igna (General Manager Ducati Corse)," tutur sembilan kali juara dunia ini.

"Mereka punya tugas menumpuk karena akan ada banyak motor, tapi motor mereka terbukti kompetitif. Keputusan ini kami ambil terlebih karena ada begitu banyak hal yang bisa kami bagi bersama Ducati, terutama jika kami ingin mengembangkan talenta para rider Italia. Saya rasa ini adalah alasan utama kami," pungkas Rossi.

Meski belum mengumumkan line up pembalap untuk musim depan, Aramco Racing Team VR46, diprediksi kuat akan mempertahankan Luca Marini, yang rencananya ditandemkan dengan Marco Bezzecchi, yang saat ini masih turun di Moto2 dan ikut memperebutkan gelar dunia.

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Sujud Syukur Marc Marquez Usai Menangi MotoGP Sachsenring

KOMENTAR