Demi Ikuti Sukses Valentino Rossi: Deretan Program yang Wajib Dilakoni VR46 Riders Academy

Anindhya Danartikanya | 23 November 2022, 11:03
Demi Ikuti Sukses Valentino Rossi: Deretan Program yang Wajib Dilakoni VR46 Riders Academy
Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy (c) Twitter/VR46 Riders Academy

Bola.net - VR46 Riders Academy adalah akademi balap milik Valentino Rossi yang dibentuk pada 2013, terinspirasi dari rutinitasnya berlatih dengan mendiang Marco Simoncelli. Akademi ini pun dibentuk untuk mengasah talenta rider-rider muda Italia, sehingga mereka bisa menjadi penerus The Doctor di MotoGP suatu saat nanti. Saat ini, akademi ini dianggap yang paling sukses di arena Grand Prix.

Gagasan membentuk akademi ini dimiliki Rossi setelah Simoncelli meninggal dunia akibat kecelakaan di MotoGP Malaysia pada 2011. Rossi yang kerap kangen pada SuperSic, sering mengundang para rider untuk latihan dengannya. Dari sana, ia merasa ingin membantu para talenta muda Italia. Rider pertama yang jadi anggota akademinya adalah Franco Morbidelli.

Tahun 2023 pun akan jadi peringatan 10 tahun VR46 Riders Academy berdiri, dan mereka sudah meraup tiga gelar dunia, yakni 1 di MotoGP dan 2 di Moto2. Rossi kini memiliki 9 murid. Selain Morbidelli, ada pula Pecco Bagnaia, Luca Marini, Marco Bezzecchi, Celestino Vietti, Niccolo Antonelli, Stefano Manzi, Andrea Migno, dan anggota paling bontot, Alberto Surra.

Para rider ini pun diharapkan bisa mengharumkan nama bangsa Italia seperti mentor mereka. Untuk mewujudkannya, ada beberapa pengorbanan yang harus mereka lakukan, salah satunya wajib tinggal di Tavullia, Italia, yakni markas VR46. Ada pula berbagai kegiatan wajib yang ditetapkan agar mereka jadi rider yang menjanjikan. Apa saja sih? Berikut ulasannya.

1 dari 10 halaman

Latihan road bike

Para anggota VR46 Riders Academy rutin sepekan sekali latihan menggunakan motor superbike atau supersport di sirkuit-sirkuit besar di Italia, di antaranya Mugello dan Misano. Mereka juga tak jarang latihan dengan minibike Ohvale. Tentu saja trek-trek ini disewa untuk pemakaian secara tertutup, dan orang lain yang tak tergabung dalam akademi tersebut dilarang ikut serta.

2 dari 10 halaman

Belajar Bahasa Inggris

Bertahun-tahun berkarier di ajang berlevel dunia, Rossi paham betul betapa pentingnya pembawaan pembalap di hadapan media agar terkesan profesional. Alhasil, ia pun menyarankan para anggota VR46 Riders Academy untuk belajar bahasa Inggris. Kini, sembilan murid Rossi semuanya fasih berbahasa Inggris.

3 dari 10 halaman

Jadi mentor Yamaha VR46 Master Camp

Meski membentuk tim balap di MotoGP bersama Ducati, VR46 Riders Academy juga berkolaborasi dengan Yamaha lho, Bolaneters. Kolaborasi itu berbentuk Yamaha VR46 Master Camp, di mana para rider muda dari berbagai negara mendapatkan kesempatan latihan dengan seluruh fasilitas VR46 Riders Academy. Program ini digelar dua kali dalam setahun, dan para murid Rossi diwajibkan menjadi mentornya.

4 dari 10 halaman

Latihan motocross

Bukan rahasia lagi bahwa latihan yang satu ini memang sangat berbahaya. Namun, untuknya metode latihan motocross sangat disukai banyak pembalap, hingga para anggota VR46 Riders Academy pun sangat bersenang-senang ketika menjalankannya. Uniknya, Pecco Bagnaia mengaku paling takut menjalani latihan ini, dan tak jarang ia memilih absen dan menggantinya dengan metode latihan lain.

5 dari 10 halaman

Latihan di gym

Untuk melatih kebugaran dan kekuatan fisik tentunya harus dilakukan pembalap di fasilitas gym. VR46 Riders Academy pun memiliki arena gym sendiri yang juga terletak di Tavullia, Italia. Namun, ada pula beberapa pembalap yang memiliki gym pribadi di rumah mereka sehingga tak perlu keluar rumah jika ingin latihan.

6 dari 10 halaman

Rancang desain helm atau merchandise sendiri

Tak pelak lagi bahwa Rossi merupakan salah satu rider paling oke untuk urusan desain helm atau merchandise. 'Ilmu' ini pun ia turunkan kepada para anak didiknya, yang juga sama sepertinya, bekerja sama dengan desainer helm ternama Italia, Aldo Drudi. VR46 bahkan punya perusahaan merchandise sendiri, dan ini sangat memudahkan para murid Rossi untuk mengelola kebutuhan fans masing-masing.

7 dari 10 halaman

Latihan flat track

Motor Ranch, yakni sirkuit flat track pribadi Rossi, diakui oleh banyak pembalap sebagai salah satu fasilitas flat track terbaik di dunia. Bahkan trek ini kabarnya sudah dapat homologasi dari FIM. Para anggota VR46 Riders Academy pun tentu punya privilese besar karena bisa berlatih di trek ini kapan pun mereka mau. Setiap akhir musim, Rossi juga menggelar balapan 'La 100km dei Campioni', di mana ia mengundang para rider terbaik dari disiplin road race dan dirt track untuk diadu dengan para muridnya.

8 dari 10 halaman

Jadi model sponsor

VR46 Riders Academy juga tak pelak lagi banjir sponsor, mengingat mereka adalah akademi milik Valentino Rossi dan para anggotanya sangat bertalenta. Belakangan, mereka juga berkolaborasi dengan FILA untuk produk sport-fashion dan para anggota akademi pun wajib menjadi modelnya. Tak hanya itu, beberapa pacar mereka juga terlibat dalam proyek ini lho.

9 dari 10 halaman

Pemeriksaan medis dan nutrisi secara rutin

Tak cuma soal performa di lintasan yang diperhatikan VR46 Riders Academy. Anak-anak didik Rossi juga mendapatkan perhatian khusus dari para ahli soal nutrisi makanan yang mereka konsumsi setiap harinya. Secara berkala, mereka juga melakukan tes medis ke rumah sakit yang bekerja dengan akademi ini demi memastikan mereka benar-benar bugar untuk berlaga di ajang berlevel tinggi.

10 dari 10 halaman

Latihan gokart

Seperti halnya Rossi yang juga mencintai balap mobil, VR46 Riders Academy juga menerapkan metode latihan gokart untuk para anggotanya. Meski tak punya dampak khusus pada performa mereka di atas motor, metode latihan ini juga bisa melatih fokus mereka dalam berkendara. Tak hanya itu, latihan gokart juga mereka jadikan sebagai kegiatan 'refreshing' agar tidak bosan terus-terusan latihan dengan motor.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR