BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Darryn Binder Sempat Mantap ke Moto2, Kaget Saat Diminta ke MotoGP

25-01-2022 11:35 | Anindhya Danartikanya

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) Yamaha Racing
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) Yamaha Racing

Bola.net - Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder, mengakui bahwa rencana awalnya adalah naik ke Moto2 pada 2022. Namun, semua berubah pada pertengahan musim lalu, ketika ia secara mendadak diminta untuk langsung melompat ke MotoGP. Hal ini ia sampaikan kepada GPOne, Senin (24/1/2022).

Tahun lalu, Binder merupakan rider Petronas Sprinta Racing Moto3, masih satu struktur dengan Petronas Yamaha SRT MotoGP. Xavi Vierge jadi calon kuat pengganti Valentino Rossi, dan Binder diharapkan jadi penggantinya di Petronas Sprinta Racing Moto2. Tapi rencana ini batal total usai Petronas mundur sebagai sponsor utama tim, dan Sirkuit Sepang mundur sebagai pemilik tim.

Seluruh skuad SRT baik di Moto3 maupun Moto2 dibubarkan untuk 2022, sementara skuad di MotoGP beralih kepemilikan ke Razlan Razali dan berganti nama menjadi RNF Racing, serta sponsor utama diambil alih oleh WithU. Vierge kemudian lebih memilih hengkang ke Team HRC di WorldSBK, sehingga Binder diminta ke MotoGP.

1 dari 2 halaman

Syukuri Kepercayaan yang Diberikan Tim

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) MotoGP.com
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) MotoGP.com

Saat mendapatkan tawaran langsung melompat ke kelas para raja, rider Afrika Selatan itu pun sangat senang, karena kesempatan macam ini sangat jarang datang. Di lain sisi, ia sendiri heran dapat kans tersebut, karena awalnya ia sudah siap untuk naik ke Moto2. Meski begitu, ia bersyukur mendapat kepercayaan dari timnya.

"Saya sangat bersemangat sampai-sampai hanya bilang 'terima kasih'. Saya bahkan tak sampai bertanya mengapa saya memilih saya," gurau Binder. "Rencana saya tadinya naik ke Moto2, namun segalanya berubah tahun lalu. Tapi tim selalu percaya pada saya dan mereka memberi saya kans ini. Saya pun harus membuktikan mereka benar."

Binder mengikuti jejak Jack Miller, yang juga naik dari Moto3 ke MotoGP pada 2015. Langkahnya ini menuai kritik, karena Miller naik ke MotoGP sebagai runner up Moto3 2014, sementara ia sendiri belum konsisten podium di kelas teringan. Rider 23 tahun ini sadar tugasnya sangat berat, namun siap mengerahkan yang terbaik.

2 dari 2 halaman

Peringatkan Bahwa Jack Miller Dulu Juga Butuh Waktu

Jack Miller dan Darryn Binder (c) Ducati Corse, Petronas SRT
Jack Miller dan Darryn Binder (c) Ducati Corse, Petronas SRT

'Daz' juga memperingatkan bahwa Miller juga butuh waktu lama untuk jadi kompetitif dan dapat kans membela tim pabrikan seperti sekarang. "Ini lompatan besar, dan yang terpenting adalah berapa lama saya bertahan. Namun, saya takkan pernah menolak kans macam ini, dan saya akan mengerahkan segalanya," tuturnya.

"Jack sendiri butuh waktu untuk jadi kompetitif, namun ia ada di situasi berbeda. Rider lain bisa langsung cepat di kelas baru, seperti Raul Fernandez, yang melakukan hal-hal hebat di Moto2. Saya sendiri kesulitan di Moto3 karena berat badan saya. Jadi, motor besar lebih baik untuk saya," pungkas adik Brad Binder ini.

Sebagai debutan, Binder akan turun lintasan lebih dulu dalam uji coba shakedown di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 31 Januari-2 Februari. Para senior pun akan bergabung pada 5-6 Februari. Uji coba pramusim kemudian berlanjut di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada 11-13 Februari mendatang.

Sumber: GPOne

KOMENTAR