Danilo Petrucci Tekad Lanjutkan Laga di Reli Dakar 2022, Meski Hasilnya Takkan Dihitung

Anindhya Danartikanya | 4 Januari 2022, 10:10
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rally Zone
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rally Zone

Bola.net - Eks rider MotoGP, Danilo Petrucci, akan mencoba tetap mengikuti Stage 3 ajang Reli Dakar 2022 di Arab Saudi, meski hasilnya nanti takkan dihitung di klasifikasi final akibat insiden di Stage 2, Senin (3/1/2022). Hal ini Petrucci sampaikan lewat Instagram, usai mengalami masalah teknis pada motor KTM-nya.


Dalam partisipasinya ini, Petrucci bernaung di bawah bendera Tech 3 KTM Factory Racing. Ia mendapatkan dukungan teknis sepenuhnya dari KTM, setara dengan para rider Red Bull KTM Factory Racing yang jauh lebih berpengalaman dan pernah jadi juara seperti Toby Price, Matthias Walkner, dan Kevin Benavides.

Ia menjalani persiapan berat selama tiga bulan terakhir demi Reli Dakar. Ia latihan intensif sejak Oktober, berlatih di gurun-gurun Dubai beberapa kali, bahkan saat masih aktif di MotoGP. Ia juga cedera engkel sejak awal Desember, dan sempat false positive Covid-19 pada Kamis (30/12/2021). Namun, debutnya sangat impresif.

1 dari 2 halaman

Sempat Duduk di Peringkat 4

Pada Stage 1A, Sabtu (1/1/2022), Petrucci duduk di peringkat 23 dari 144 peserta. Dalam Stage 1B pada Minggu (2/1/2022), ia bahkan naik ke peringkat 13, hanya tertinggal 33 menit dari Daniel Sanders (GasGas Factory Racing). Ia merupakan salah satu rider yang tak tersesat, ketika rider top lainnya seperti Price justru tersesat.

Hasil ini tentu sangat positif bagi Petrucci, yang seumur hidup baru pernah sekali ikut ajang reli, yakni Reli Sardinia 2020 yang hanya berdurasi tiga hari alih-alih dua pekan seperti Reli Dakar. Apiknya performa di dua stage pertama ini jelas membuat Petrucci optimistis menjalani Stage 2.

Stage itu pun punya total jarak tempuh 847 km. Sayangnya, saat baru mencapai jarak 115 km, Petrucci mengalami kendala teknis pada motor KTM 450 Rally Factory Replica miliknya. Padahal, kala itu rider Italia tersebut sedang berada di peringkat 4.

2 dari 2 halaman

Padahal Sangat Bersenang-senang

Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images

Petrucci mencoba memperbaiki motornya sendiri, namun gagal. Ia akhirnya meminta bantuan dari helikopter untuk mengangkut motornya, yang berarti kiprahnya berakhir. Namun, lewat Instagram, 'Petrux' mengaku bertekad lanjut berkendara di Stage 3 pada Selasa (4/1/2022), meski hasil akhirnya nanti takkan dianggap.

"Semua menyenangkan sampai masalah teknis terjadi, karena saya tadinya bertarung di lima besar. Saya rasa saya berada di posisi ketiga pada momen itu, dan saya sangat bersenang-senang karena rutenya sangat cepat!" ujar Petrucci, yang disemangati Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, Cal Crutchlow, dan para rivalnya di MotoGP.

"Saya mampu mengejar dua rider di depan, ngotot selama 20-30 km dengan gaspol dan rasanya sangat keren bisa melaju 150 km/jam di medan yang datar. Saya akan coba restart besok, meski saya tahu saya takkan berkompetisi di klasifikasi final," tutup Petrucci, yang juga dikabarkan bakal berlaga di MotoAmerica bareng Ducati tahun ini.

Jika memang akan mengambil langkah ini, maka Petrucci akan masuk dalam kelas 'Dakar Experience', yakni kelas untuk para peserta Reli Dakar yang mengalami masalah teknis pada salah satu stage namun bertekad tetap berlaga di 12 stage. Hasil akhir mereka takkan terhitung dalam klasifikasi final.

Sumber: Instagram/Petrux9

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR