Danilo Petrucci Pastikan Kepindahan ke MotoAmerica 2022 Bareng Ducati

Anindhya Danartikanya | 24 Januari 2022, 08:45
Danilo Petrucci saat memenangi MotoGP Italia 2019 bareng Ducati. (c) AP Photo
Danilo Petrucci saat memenangi MotoGP Italia 2019 bareng Ducati. (c) AP Photo

Bola.net - Eks pembalap MotoGP, Danilo Petrucci, mengonfirmasi kepindahannya ke MotoAmerica bersama Ducati pada 2022 usai debut fantastis di Reli Dakar 2022 Arab Saudi. Hal ini ia nyatakan dalam wawancaranya dengan Cycle World, Kamis (20/1/2022). Ia pun mengaku Ducati lah yang merayunya untuk turun di ajang itu.


Petrucci membela Ducati di MotoGP 2015-2020, bahkan membela tim pabrikannya pada 2019 dan 2020. Total, ia meraih 10 podium dan 2 kemenangan. Namun, ia terdepak dan pindah ke Tech 3 KTM Factory Racing pada 2021. Sayang, ia terdepak lagi, namun ia mendapatkan tawaran dari KTM untuk turun di Reli Dakar.

Turun di Reli Dakar sejatinya salah satu cita-cita Petrucci sejak kecil. KTM pun memberikan dukungan teknis yang tak main-main meski tak memberinya kontrak apa pun. Ia ditandemkan dengan tiga juara Reli Dakar lainnya dari Red Bull KTM Factory Racing, yakni Toby Price, Matthias Walkner, dan Kevin Benavides.

1 dari 2 halaman

Selalu Cinta Amerika Serikat

Danilo Petrucci saat masih membela Ducati di MotoGP 2020. (c) Ducati Corse

Dalam debutnya di Dakar, Petrucci tampil mengesankan, memperebutkan podium pada pekan pertama, bahkan secara menggemparkan memenangi Stage 5. Pada pekan kedua, di mana medannya lebih menantang, pembalap 31 tahun ini konsisten bertarung di 20 besar meski cedera tumit, engkel, pergelangan tangan, dan bahu.

Di lain sisi, Ducati juga memberinya tawaran turun semusim penuh di MotoAmerica musim ini. Rencananya, ia akan diletakkan di Team Warhorse HSBK Racing Ducati New York. Selama berada di Dakar, Petrucci juga memikirkan opsi ini, dan memutuskan untuk menerimanya karena Amerika Serikat selalu punya tempat di hatinya.

"MotoAmerica adalah pengalaman hidup. Saya punya kans tinggal di luar negeri dan mengendarai motor, hal yang paling saya sukai. Saya selalu cinta Amerika Serikat. Saya suka gaya hidupnya, suka ruang-ruang terbukanya. Setiap musim dingin, saya pergi ke California, menyewa motor, berkendara beberapa pekan di antara Los Angeles dan San Diego," kisahnya.

2 dari 2 halaman

Selalu Punya Hubungan Baik dengan Para Bos Ducati

Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rally Zone

"Saya senang karena Ducati lah yang menghubungi saya. Mereka melakukan segalanya demi menggaet saya. Saat saya meninggalkan tim pabrikan MotoGP mereka, saya tetap punya hubungan baik dengan Claudio Domenicali, Gigi Dall'Igna, Paolo Ciabatti, dan Davide Tardozzi. Mereka berusaha keras membuat saya turun di MotoAmerica. Ini sebuah kepuasan," lanjut Petrucci.

Sebagai persiapannya menuju MotoAmerica, pembalap asal Italia ini dijadwalkan akan ikut menjalani uji coba pramusim WorldSBK di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, pada 7-9 Februari nanti bersama motor Ducati Panigale V4. Ia pun mengaku mendapatkan banyak saran dari juara MotoAmerica 2017 yang juga eks rider MotoGP, Toni Elias.

"Uji coba pertama akan digelar pada Februari. Saya sangat menantikannya. Saya juga dapat kesempatan ngobrol dengan Toni Elias. Ia sangat baik dan mendukung saya. Ia sangat antusias soal MotoAmerica. Saya ingin kembali ke Dakar, sangat menyukai pengalamannya. Tapi kini saatnya rileks, dan bersiap menjalani 'American dream'," tutupnya.

Sumber: Cycle World

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR