Danilo Petrucci Jajal Ducati di Uji Coba WorldSBK, Bakal ke MotoAmerica?

Anindhya Danartikanya | 20 Januari 2022, 10:10
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rally Zone
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rally Zone

Bola.net - Usai tampil mengesankan di Reli Dakar 2022 pada 1-14 Januari lalu bersama Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci dijadwalkan menjajal motor Ducati Panigale V4 dalam uji coba pramusim WorldSBK di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, pada 8-9 Februari. Demikian yang dilansir Crash.net, Rabu (19/1/2022).


Petrucci memang hengkang dari MotoGP pada November 2021 lalu usai terdepak dari Tech 3 KTM dan digantikan oleh juara dunia Moto2 2021, Remy Gardner. Meski begitu, pembalap berusia 31 tahun ini tetap berada di dalam lingkup KTM dan diturunkan di Reli Dakar, yang sudah jadi cita-citanya sejak kecil.

Dalam debutnya di Dakar, Petrucci pun tampil mengesankan, memperebutkan podium pada pekan pertama, bahkan secara menggemparkan memenangi Stage 5. Pada pekan kedua, di mana medannya lebih menantang, ia konsisten bertarung di 20 besar meski cedera tumit, engkel, pergelangan tangan, dan bahu.

1 dari 2 halaman

Ducati Ingin Kuasai Pasar Amerika Utara

Danilo Petrucci saat masih membela Ducati di MotoGP 2020. (c) Twitter/Ducati Corse

Meski sibuk di Dakar, Petrucci juga mengakui masih merenungkan masa depannya di road race. Ia memang diketahui dapat tawaran dari Team Warhorse HSBK Racing Ducati New York untuk berlaga di MotoAmerica, yakni ajang balap superbike di Amerika Serikat.

"Saya mengondisikan agar saya ambil keputusan final usai Dakar. Tim mereka sangat mendorong saya, karena Amerika Utara adalah pasar yang sangat penting bagi Ducati. Mereka ingin membuktikan bahwa mereka bisa kompetitif dan jadi skuad papan atas di ajang itu," ujar Petrucci via Speedweek di sela Dakar dua pekan lalu.

Uji coba yang akan dilakoni Petrucci di Portimao nanti pun takkan jadi 'percobaan' untuk turun di WorldSBK, melainkan 'percobaan' untuk turun di MotoAmerica. Uniknya, kepada GPOne, rider asal Italia ini belum mau banyak komentar soal rencana uji coba tersebut.

2 dari 2 halaman

Juga Ingin Kembali ke Reli Dakar 2023

Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rally Zone

"Saya tadinya bahkan tak tahu uji coba macam ini bakal dilaksanakan. Saat ini saya tak punya 'tiket' apa pun di kotak pos saya. Namun, mereka sudah bicara dengan saya. Saya akan ada di sana, tapi saya bahkan tak tahu tanggal tepatnya," ungkap pembalap yang juga pernah membela Ducati di MotoGP tersebut.

Petrucci juga menegaskan ingin kembali ke Reli Dakar 2023 nanti. "Saya tak mau 2022 jadi satu-satunya Dakar bagi saya. Saya ingin berkendara kedua kalinya, namun dengan persiapan yang tepat. Sebelumnya, saya ingin ikut di Reli Maroko dan menghabiskan lebih banyak waktu di atas motor reli," ujar 'Petrux'.

Dalam uji coba di Portimao nanti, Petrucci akan berbagi lintasan dengan duet pembalap Aruba.it Ducati, Alvaro Bautista dan Michael Ruben Rinaldi, serta enam kali juara dunia dari Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, dan juara WorldSBK 2021 dari Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu.

Sumber: Crashnet, Speedweek, GPOne

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR