BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Danilo Petrucci Dukung Remy Gardner Jalani Uji Coba MotoGP Bareng KTM

22-09-2021 12:04 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Bola.net - Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci, tak keberatan motornya diambil alih oleh Remy Gardner pada hari kedua uji coba pascabalap MotoGP Misano, Italia, Rabu (22/9/2021). Ia mengaku tak ada perangkat baru yang harus ia coba dalam sesi tersebut, hingga yakin memang lebih baik motornya diserahkan kepada Gardner.

Seperti yang diketahui, Gardner dan Raul Fernandez, yang saat ini masih membela Red Bull KTM Ajo di Moto2, akan menggantikan Petrucci dan Iker Lecuona di Tech 3 pada 2022. Keduanya pun dapat kans menjalani debut MotoGP lebih awal, yakni pada hari kedua uji coba di Misano, dan akan mengendarai motor RC16 milik Petrucci dan Lecuona.

Petrucci sendiri dipastikan tetap bertahan di dalam lingkup KTM, tapi banting setir ke ajang enduro dan diproyeksikan turun di Reli Dakar mulai 2022. Sementara itu, Lecuona akan pindah ke WorldSBK untuk membela Team HRC meski belum ada pengumuman resmi. Petrucci sendiri yakin Gardner akan dapat keuntungan dari uji coba kali ini.

1 dari 2 halaman

Sebut Remy Gardner Pembalap yang Baik

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Remy Gardner (c) KTM Ajo/Ajo.fi
Pembalap Red Bull KTM Ajo, Remy Gardner (c) KTM Ajo/Ajo.fi

"Remy pembalap yang sangat baik. Tiap hari yang ia dapat di atas motor MotoGP akan membantunya. Kami tak punya perangkat baru untuk dicoba, dan sudah menjajal beberapa hal yang tak terlalu membantu. Jadi, memang lebih baik Remy yang berkendara. Saya sendiri ingin naik motor reli, tapi belum bisa karena harus menunggu sampai Desember," ujar Petrucci via Speedweek, Selasa (21/9/2021).

Petrucci juga menjelaskan mengapa dirinya tak dapat perangkat baru untuk dijajal dalam uji coba ini meski dipastikan bertahan di 'Keluarga KTM'. Alasan pertama adalah karena sang test rider, Dani Pedrosa, hadir dalam uji coba ini dan bertugas menjajal perangkat-perangkat baru. Alasan kedua adalah karena tubuh Petrucci besar hingga sulit membandingkan data dengan Pedrosa.

"Kami bicara dengan KTM soal ini. Mereka tak bisa menurunkan test rider yang paling mungil di MotoGP dan pembalap yang paling bongsor. Itu adalah Dani dan saya. Kami berdua memang sama-sama naik KTM, tapi jika Anda lihat motor kami, Anda akan lihat setup yang benar-benar berbeda. Itulah masalah utama kami," tutur Petrucci.

2 dari 2 halaman

Lebih Baik KTM Uji Coba Bareng Rider yang Lebih Ringan

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM Images/Philip Platzer
Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM Images/Philip Platzer

Petrucci menyebut, selain setup, sensasi dengan ban Michelin juga jadi pembeda terbesar antara dirinya dan Pedrosa. "Dengan ban, yakni area yang sangat sensitif, saya punya terlalu banyak kilogram dibanding rider lainnya. Saya bahkan 10-12 kg lebih berat dari Valentino (Rossi)," kisah Petrucci yang sudah menurunkan berat badan secara drastis selama empat musim terakhir.

"Kemarin, saya bertemu Jorge Martin saat makan malam, ada beda 25 kg di antara kami. Jika bicara seperseribu detik, maka ini hal besar. Kami sudah berusaha sebaik mungkin, namun saya sudah mendekati limit dan tak terlalu cepat. Jadi, saya tak terlalu membantu KTM. Mereka punya banyak rider yang tubuhnya lebih ringan, jadi lebih baik mereka sendiri yang uji coba," tutupnya.

Petrucci, yang pernah dua kali memenangkan balapan MotoGP bersama Ducati, belum meraih podium musim ini. Hasil terbaiknya bersama KTM adalah finis kelima di Le Mans, Prancis, dalam guyuran hujan. Saat ini, dengan empat balapan tersisa, ia tengah duduk di peringkat 19 pada klasemen pembalap dengan koleksi 37 poin.

Sumber: Speedweek

KOMENTAR