BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Danilo Petrucci Akhirnya Pastikan Banting Setir dari MotoGP ke Reli Dakar

10-09-2021 14:24 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Philip Platzer
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Philip Platzer

Bola.net - Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing MotoGP, Danilo Petrucci, memastikan dirinya bakal banting setir ke Reli Dakar mulai musim depan. Meski KTM belum merilis pengumuman resmi apa pun, Petrucci menyatakan lewat GPOne, Kamis (9/9/2021), bahwa kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan untuk bekerja sama.

Tawaran beralih ke ajang enduro dan reli disodorkan KTM kepada Petrucci di MotoGP Austria bulan lalu, hanya beberapa jam setelah ia dipastikan terdepak dari Tech 3 pada 2022 dan digantikan Raul Fernandez. Petrucci sendiri dikenal sebagai penggemar berat off-road, kerap berlatih motocross dan bercita-cita turun di Reli Dakar.

Pembalap Italia ini juga sudah berkali-kali mengaku tak tertarik pindah ke WorldSBK, mengingat ia sudah pernah turun di arena itu lewat ajang FIM Superstock 1000. Petrucci pun menyatakan bahwa persiapannya untuk turun di Reli Dakar akan segera dimulai, dan KTM akan segera mengatur partisipasinya pada 2022 nanti di Arab Saudi.

1 dari 2 halaman

Sudah Jumpa Orang-Orang dari Reli Dakar

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) Tech 3 Racing
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) Tech 3 Racing

"Saya bisa katakan saya telah mencapai kesepakatan dengan KTM untuk berpartisipasi di Dakar 2022. Saya sudah bicara dengan mereka dan kami telah memastikan partisipasi saya. Jelas saya sangat senang, karena ini akan jadi pengalaman baru bagi saya, konteksnya sangat berbeda dari lintasan aspal," ujar Petrucci.

Pembalap Italia berusia 30 tahun ini juga sudah bertemu dengan beberapa orang KTM yang berkonsentrasi pada ajang Reli Dakar, dan bertemu dengan beberapa rider reli. Uniknya, Petrucci sudah pernah mencoba turun di ajang enduro lewat Reli Sardinia pada Desember 2020 lalu.

"Belakangan ini saya juga sudah dapat kesempatan untuk bicara dengan beberapa kelompok orang yang menangani Dakar, dan saya sudah tak sabar untuk memulai. Ada banyak hal yang harus dipelajari dan dipahami, namun saya tak sabar menantikan tantangan baru ini," ungkap 'Petrux'.

2 dari 2 halaman

Bakal Latihan di Gurun Lebih Dulu

Petrucci juga kabarnya sudah diundang oleh KTM untuk hadir di Dubai pada November untuk menjalani latihan dengan para rider mereka yang turun di Reli Dakar. Ia pun mengaku sangat bersemangat untuk mempelajari hal-hal baru usai berkarier di MotoGP selama satu dekade, dan dua dekade berkiprah di trek aspal.

"Sebelum balapan, kami akan pergi ke gurun untuk latihan, meski akan ada banyak hal yang harus saya pelajari. Hal yang paling bikin saya takjub adalah 10 tahun lalu tak ada yang tahu saya ada di MotoGP, dan kini saya tiba di Dakar memulai dari nol. Siapa tahu? Mungkin sepuluh tahun lagi saya memenangkan sesuatu di reli, pasti menyenangkan," tutupnya.

Petrucci menjalani debut di MotoGP pada 2012 bersama Ioda Racing, sebelum membela Pramac Racing, Ducati Team, dan Tech 3 KTM. Sepanjang kariernya, ia sukses merebut sepuluh podium, yang dua di antaranya merupakan kemenangan.

Sumber: GPOne

KOMENTAR