BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Danilo Petrucci Ajak Valentino Rossi Ikut Reli Dakar di Kategori Mobil

11-01-2022 16:05 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images

Bola.net - Eks pembalap MotoGP yang juga rider Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci, sempat saling telepon dengan Valentino Rossi di sela kesibukannya menjalani debut di Reli Dakar 2022 Arab Saudi. Pada Senin (10/1/2022) lewat GPOne, Petrucci pun mengaku sudah mengajak The Doctor ikut berkompetisi di kategori mobil.

Petrucci bikin heboh jagat balap motor dunia usai banting setir dari MotoGP ke Dakar dalam dua bulan saja. Ia juga menggebrak dengan langsung tampil kompetitif, bahkan memenangi Stage 5 pada Kamis (6/1/2022). Turun di kategori motor, ia pun jadi eks rider MotoGP pertama yang mampu memenangi sebuah stage Dakar.

Kemenangannya kala itu juga menggemparkan seisi paddock MotoGP, yang langsung berbondong-bondong memberinya selamat. Petrucci bahkan mengaku semua rider yang pernah jadi rivalnya di MotoGP mengirimkan pesan lewat WhatsApp untuk mengucapkan selamat, dan tak sedikit yang jadi makin penasaran soal Dakar.

1 dari 2 halaman

Ingin Jadi Navigator Valentino Rossi

Danilo Petrucci dan Valentino Rossi di MotoGP 2019. (c) Pramac Racing
Danilo Petrucci dan Valentino Rossi di MotoGP 2019. (c) Pramac Racing

Salah satu rider yang sangat bahagia untuk Petrucci adalah Rossi, yang pensiun dari MotoGP pada November 2021 lalu. Seperti yang diketahui, sembilan kali juara dunia ini juga merupakan pembalap mobil yang andal. Atas alasan ini, Petrucci mengajaknya ikut Reli Dakar pada tahun-tahun mendatang di kategori mobil.

"Beberapa hari belakangan, kebanyakan pembalap bertanya kepada saya soal Dakar. Saya juga bicara dengan Vale, yang menanyakan banyak hal dan saya bilang padanya saya mau menjalani Reli Dakar di kategori mobil. Saya mau jadi navigatornya," ungkap Petrucci, yang sudah jadi sahabat Rossi sejak 2011.

"Pembalap seperti Vale pasti bisa meraih kemenangan, tapi saya tak yakin apakah memungkinkan kalau saya yang jadi navigatornya. Vale tidak cocok dengan jadwal start Dakar, namun kategori mobil start lebih siang, jadi mungkin kami bisa melakukannya. Itu bakal keren!" lanjut pembalap Italia berusia 31 tahun ini.

2 dari 2 halaman

Lampaui Fernando Alonso, Samai Jacky Ickx

Membicarakan kemenangannya di Stage 5, Petrucci juga menanggapi opini yang menyebutnya lebih hebat dari Fernando Alonso. Seperti yang diketahui, dua kali juara dunia Formula 1 itu sempat ikut Reli Dakar 2020 di kategori mobil bersama Toyota. Berpartner dengan Marc Coma, hasil terbaiknya adalah finis kedua di Stage 8.

Petrucci pun mengaku sempat membicarakan ini dengan Coma, yang merupakan lima kali juara Dakar kategori motor dan saat ini jadi penasihat KTM di Dakar. "Di sini ada Marc, yang jadi penasihat kami. Ia adalah navigator Fernando. Fernando sempat finis ketiga (kedua) pada salah satu stage," kisah Petrucci.

"Saat bertemu Marc, saya bilang saya juga mampu finis ketiga (Stage 4, sebelum dipenalti) seperti Fernando. Jadi, kini saya dan Fernando setara, kecuali fakta dia punya dua gelar F1 dan punya uang ratusan juta euro lebih banyak di rekeningnya! Saya juga sempat foto bareng Jacky Ickx, yang pernah menang di F1 dan Dakar (1983). Ia adalah legenda," pungkasnya.

Sumber: GPOne

KOMENTAR