Dani Pedrosa-Mika Kallio Tak Lagi Muda, KTM Cari Test Rider Baru di MotoGP

Anindhya Danartikanya | 30 November 2022, 16:01
Dani Pedrosa-Mika Kallio Tak Lagi Muda, KTM Cari Test Rider Baru di MotoGP
Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer

Bola.net - Hubert Trunkenpolz selaku CSO Pierer Mobility AG yang menaungi KTM, GASGAS, dan Husqvarna, mengakui bahwa pihaknya membutuhkan test rider baru yang lebih muda untuk proyek MotoGP. Pasalnya, Dani Pedrosa dan Mika Kallio tak lagi muda, masing-masing kini telah menginjak usia 37 dan 40 tahun.

Gagasan KTM untuk berlaga di MotoGP muncul pertama kali pada 2014. Sejak itu motor RC16 dirakit dan KTM punya banyak test rider, dari Alex Hofmann sampai Randy de Puniet. Namun, jabatan test rider tetap diberikan kepada eks rider MotoGP, Mika Kallio, pada 2016, setahun sebelum KTM benar-benar turun di MotoGP sepenuhnya.

Pedrosa, yang sepanjang kariernya dikenal sebagai pembalap Honda, memutuskan pensiun dari MotoGP pada akhir 2018 dan secara mengejutkan menerima tawaran sebagai test rider tambahan bagi KTM. Kini ia bahkan jadi test rider utama pabrikan Austria itu. Sejak kedatangannya pula, RC16 menjadi jauh lebih kompetitif.

1 dari 3 halaman

Mulai Kepikiran, Belum Dapat Solusi

Test rider KTM dan GASGAS, Mika Kallio (c) GASGAS

Test rider KTM dan GASGAS, Mika Kallio (c) GASGAS

Belakangan, KTM juga menggaet eks rider MotoGP dan Moto2, Thomas Luthi, sebagai pelatih balap KTM di kelas para raja. Selain itu, dalam tes tertutup di Jerez, Spanyol, pada 18-21 November 2022, mereka diam-diam menjalani tes dengan eks rider MotoGP, Jonas Folger, yang sempat jadi test rider Yamaha pada 2018.

Trunkenpolz yakin pihaknya butuh test rider baru, yang tak hanya bisa mengembangkan motor, melainkan juga bisa jadi pengganti jika ada rider yang cedera. "Saat ini, kami tak punya pertimbangan spesifik soal hal itu. Pasalnya, tidak mudah mencari test rider MotoGP yang sangat baik," ujarnya via Speedweek, Selasa (29/11/2022).

"Anda hanya bisa menggaet mantan pembalap MotoGP, sementara rider lainnya tak terlalu bisa diandalkan. Kami harus secara terbuka mengakui bahwa kami harus bertindak mulai sekarang. Hal ini ada di dalam pikiran kami, tetapi kami belum menemukan solusi nyata," lanjut pria berusia 60 tahun ini.

2 dari 3 halaman

Incar Stefan Bradl untuk MotoGP 2024

Marc Marquez dan Stefan Bradl (c) Honda Racing Corporation

Marc Marquez dan Stefan Bradl (c) Honda Racing Corporation

Sejauh ini, test rider yang bukan eks rider MotoGP hanyalah Michele Pirro dan Lorenzo Savadori. Pirro digaet oleh Ducati pada 2013, saat berusia 27 tahun, sementara Aprilia menggaet Savadori, yang digaet pada 2018, saat berusia 25 tahun. KTM pun ingin mengikuti jejak ini.

"Kami harus memastikan bahwa kami mendapatkan test rider muda ketimbang mempertahankan Mika. Bersama Dani dan Mika, kami punya test rider hebat. Namun, mereka semakin berumur," ungkap Trunkenpolz. Di lain sisi, CEO Pierer Mobility AG, Stefan Pierer, punya gagasan lain.

Pierer mengakui mengincar Stefan Bradl, test rider Honda asal Jerman yang kontraknya akan habis pada akhir 2023. Uniknya, Bradl juga merupakan eks rider KTM. "Saya tahu situasi kontrak Stefan. Para rider yang berbahasa Jerman akan selalu kami sambut. Kalau ia bergabung, maka siklusnya bakal lengkap," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Daftar Test Rider MotoGP 2023

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Ducati: Michele Pirro (sejak 2013)

Yamaha: Cal Crutchlow (sejak 2021)

Honda: Stefan Bradl (sejak 2018) dan Tetsuta Nagashima (sejak 2021)

KTM dan GASGAS: Mika Kallio (sejak 2016) dan Dani Pedrosa (sejak akhir 2018)

Aprilia: Lorenzo Savadori (sejak 2018)

Sumber: Speedweek

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR