BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Dana Aprilia Memang Kecil, Tapi Siap Taklukkan MotoGP'

15-01-2019 11:55 | Anindhya Danartikanya

Andrea Iannone (c) Aprilia Gresini Andrea Iannone (c) Aprilia Gresini

Bola.net - CEO Aprilia Racing, yang baru direkrut dari Scuderia Ferrari Formula 1, Massimo Rivola, mengaku siap memimpin timnya meraih kesuksesan di MotoGP. Dalam wawancaranya bersama La Gazzetta dello Sport, Rivola mengaku punya optimisme tinggi pada para teknisi Aprilia, begitu juga pebalap mereka, Aleix Espargaro dan Andrea Iannone.

Aprilia kembali ke MotoGP sebagai tim pabrikan pada 2015 lalu dan terus mengembangkan motor RS-GP di bawah arahan sang manajer teknis, Romano Albesiano. Hingga kini, prestasi terbaik mereka hanyalah finis keenam, yang diraih Espargaro di Qatar 2017 dan Aragon 2018. Rivola pun yakin 2019 akan menjadi titik balik mereka.

"Satu-satunya kekurangan hanyalah hasil, tapi saya yakin hasil baik akal datang. Nanti bakal ada dukungan lebih besar dari sponsor, kredibilitas kami akan lebih baik dan kekuatan di lintasan akan bertambah. Dalam Aprilia, yang punya 54 gelar dunia, saya menjumpai semangat untuk kembali ke puncak dan saya yakin fans punya ekspektasi yang sama," ujar Rivola.

1 dari 2 halaman

Bujet Rendah Bukan Kendala

Aleix Espargaro (c) Aprilia Aleix Espargaro (c) Aprilia

Rivola, yang pernah menangani Fernando Alonso dan Sebastian Vettel di F1, mengaku dirinya memang tak pernah memiliki pengalaman mengatur tim balap motor. Ia yakin tugas barunya ini takkan mudah dilakukan, meski begitu ia yakin Aprilia bisa perkasa di MotoGP, walau biaya balap yang disediakan sang induk, Piaggio Group, tak sebesar tim-tim pabrikan lain.

"Tahun 2018 merupakan sebuah pelajaran untuk tumbuh, tapi Piaggio Group telah berinvestasi dengan merekrut teknisi-teknisi penting, begitu juga menggaet Andrea, serta membentuk tim uji coba. Sudah jelas bahwa kami ingin kembali dengan kekuatan penuh. Kami memang punya bujet terkecil dibanding tim-tim pabrikan lain, tapi saya bisa katakan Aprilia lebih baik dari KTM," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Tertular Semangat Iannone

Rivola mengaku hingga kini belum bertemu langsung dengan Espargaro maupun Iannone, meski begitu, pria asal Faenza, Italia ini menyatakan bahwa The Maniac memiliki semangat tinggi dalam membawa RS-GP bertarung di depan. Ia yakin, Iannone merupakan rider yang tepat bagi Aprilia untuk memimpin pengembangan motor.

"Andrea memberi efek besar pada saya, saya merasakan semangat besarnya untuk bekerja keras. Sebagai penggemar, saya bisa katakan bahwa ia sangat cepat. Jika berada dalam situasi yang tepat, ia akan membuat perbedaan dan ia akan menjadi motivasi besar bagi tim kami," tuturnya.

Rivola juga menyatakan bahwa ia akan bekerja sama dengan Albesiano untuk membantu para rider mengeluarkan seluruh potensi RS-GP. "Uji coba musim dingin membuka mata kami, Andrea telah memberikan indikasi yang penting. Kami takkan menyia-nyiakan peluang untuk bangkit," pungkasnya.

KOMENTAR