Curhatan Michele Pirro: Sempat Jengkel Diminta Jadi Test Rider Ducati di MotoGP

Anindhya Danartikanya | 20 Februari 2022, 22:20
Test rider Ducati Corse, Michele Pirro (c) Ducati Corse
Test rider Ducati Corse, Michele Pirro (c) Ducati Corse

Bola.net - Menjabat sebagai test rider, Michele Pirro, telah memberikan kontribusi besar kepada Ducati Corse di MotoGP. Menyambut tahunnya yang kesepuluh dalam memegang jabatan ini, Pirro pun curhat kepada GPOne, Jumat (18/2/2022), bahwa ia ternyata pernah bersitegang dengan sang general manager, Gigi Dall'Igna.

Pirro menjabat sebagai test rider Ducati sejak akhir 2012, usai mengakhiri kerja sama dengan San Carlo Honda Gresini di kelas para raja. Ia pun efektif bekerja sebagai test rider pada 2013, saat Ducati Corse masih dipimpin oleh Benhard Gobmeier. Posisi Gobmeier kemudian diambil alih Dall'Igna pada akhir musim.

Sejak itu, kerja sama Pirro dan Dall'Igna pun terbukti ideal. Dall'Igna memercayai Pirro untuk mengeksploitasi potensi optimal Desmosedici rancangannya, dan kerja keras Pirro punya andil besar dalam kebangkitan Ducati dari keterpurukan. Uniknya, Pirro awalnya tak sreg dengan jabatan ini karena ingin fokus balapan.

1 dari 2 halaman

Awalnya Benci Gigi Dall'Igna

Gigi Dall\'Igna dan Pecco Bagnaia (c) Ducati Corse

Gigi Dall'Igna dan Pecco Bagnaia (c) Ducati Corse

"Bisa dikatakan awalnya saya membenci Gigi. Pasalnya, tadinya ada perbedaan antara kami. Pada dasarnya, saya ingin balapan, sementara ia ingin saya jadi test rider. Saya juga sempat menemui (Francesco) Guidotti, memintanya merayu Gigi untuk membiarkan saya balapan. Namun, Gigi bilang, 'Michele tak boleh disentuh'," kisah Pirro.

Juara dunia Ducati satu-satunya, Casey Stoner, juga menjabat sebagai test rider Ducati pada awal 2016, dan Pirro sempat ingin mundur karena ingin kembali balapan. Nyatanya, ia justru tetap dijadikan test rider utama, karena Stoner hanya diturunkan dalam beberapa uji coba. Meski kesal, lama-lama Pirro luluh juga pada visi Dall'Igna.

"Saat Casey datang, saya pikir itu saat yang tepat untuk kembali balapan. Nyatanya nihil," ujar Pirro sembari tertawa. "Gigi melihat jauh ke masa depan dan memang keputusan tepat meminta saya menjajal motornya. Gigi mengerahkan banyak hal demi Ducati dan hasilnya terlihat. Kami belum meraih gelar dunia pembalap lagi, namun kami ada di jalan yang tepat."

2 dari 2 halaman

Akankah Gantikan Davide Tardozzi?

Test rider Ducati Corse, Michele Pirro (c) Ducati CorseTest rider Ducati Corse, Michele Pirro (c) Ducati Corse

Saking eratnya hubungan antara Pirro dan Ducati, rider berusia 35 tahun itu diprediksi akan jadi manajer tim pabrikan pada masa mendatang, menggantikan Davide Tardozzi. Sebagai catatan, Tardozzi yang juga eks Manajer Tim Ducati WorldSBK dan memimpin Ducati Lenovo Team sejak 2014, tahun ini menginjak usia 63.

"Saya tak mau mimpi jadi 'The Next Davide Tardozzi'! Apakah Anda lihat rambut putih Davide? Ia sosok fundamental bagi Ducati, dan saya harap ia bertahan dengan kami selama mungkin. Pasalnya, kami sangat menyayanginya. Saya sendiri akan mencoba menjadi test rider terbaik selama saya bisa tampil kompetitif," tutupnya.

Jika Pirro benar-benar menjadi manajer tim pabrikan Ducati pada masa mendatang, ia pun akan mengikuti jejak Vittoriano Guareschi. Guareschi tadinya juga merupakan salah satu test rider Ducati di MotoGP pada 2002-2008, dan kemudian menjabat sebagai manajer tim pabrikan Ducati pada 2009-2013.

Sumber: GPOne

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR