BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Crutchlow Heran MotoGP Tetap Digelar di Silverstone

22-12-2017 11:05 | Anindhya Danartikanya

Cal Crutchlow (c) AFP Cal Crutchlow (c) AFP

Bola.net - Pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow tak habis pikir mengapa MotoGP memilih untuk tetap menggelar Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone, ketimbang kembali ke Sirkuit Donington Park. Kepada Motorsport, Crutchlow mengaku yakin perubahan ini bakal membawa angin segar ke MotoGP.

Doninton Park mengambil alih gelaran GP Inggris dari Silverstone pada 1987, sebelum MotoGP memilih kembali ke Silverstone pada 2010. Circuit of Wales (CoW) pun hendak mengambil alih GP Inggris pada 2015, namun masalah finansial yang mendera sirkuit tersebut memaksa Silverstone kembali menggelar MotoGP sampai sekarang.

Donington Park pun sempat nyaris kembali menggelar GP Inggris mulai tahun depan, namun di sela pekan balap MotoGP Valencia, Spanyol bulan lalu, Silverstone justru memperpanjang kontrak dengan Dorna Sports untuk 2018, 2019 dan 2020. Keputusan ini membuat beberapa rider berang, termasuk Crutchlow yang kebetulan juga berasal dari Inggris.

Cal Crutchlow (c) AFPCal Crutchlow (c) AFP

"Saya kecewa. Mengapa kita tak kembali saja ke Donington? Saya rasa rider lain juga suka. Saya sudah bicara dengan Jonathan Palmer (pemilik sirkuit) dan Stuart Higgs (direktur British Superbike), tapi jelas balapan di Donington tak terwujud. Entah mengapa kesepakatan tak diraih. Bukannya Silverstone buruk, hanya saja bakal menyenangkan bila ada perubahan," ujarnya.

Crutchlow sendiri baru menjalani debut MotoGP pada 2011, dan belum pernah merasakan balapan di Donington Park di atas motor MotoGP. Juara World Supersport 2009 ini pun menepis anggapan bahwa lintasan Donington Park terlalu sempit dan dinding pembatasnya terlalu dekat dengan lintasan. Ia bahkan menyatakan bahwa Motegi, Jepang lebih berbahaya.

"Jika terakhir MotoGP digelar di sana, motor lebih agresif. Saya tahu mereka ingin memundurkan dinding pembatas dan hal-hal lain, tapi saya rasa tak terlalu sempit. Lihat saja Motegi, jika Anda menganggap dindingnya terlalu dekat dengan lintasan, maka tak ada bedanya. Saya sudah lama tak berkendara di Donington. Saya menyukainya dan ingin kembali ke sana," pungkasnya.

KOMENTAR