BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Crew Chief Marc Marquez: Terbiasa Menang, Kini Sekadar Coba Raih Poin

08-10-2020 15:13 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez dan Santi Hernandez (c) HRC Marc Marquez dan Santi Hernandez (c) HRC

Bola.net - Santi Hernandez terpaksa menghadapi situasi yang berubah drastis usai sang rider, Marc Marquez, harus absen lama akibat cedera patah tulang humerus kanan di MotoGP musim ini. Kini, ia menjadi crew chief Stefan Bradl yang menggantikan Marquez, dan hasil yang ditargetkan pun jadi berbeda.

Hernandez sendiri sudah menjadi crew chief Marquez sejak rider Spanyol itu masih turun di Moto2. Saat Marquez naik ke MotoGP, ia pun diboyong ke Repsol Honda. Bagaikan duet maut, Marquez dan Hernandez sukses meraih begitu banyak kemenangan, sekaligus enam gelar MotoGP.

Tapi kecelakaan yang dialami Marquez di Spanyol pada Juli lalu mengubah rencana mereka pada 2020. Marquez harus absen lama, dan digantikan Bradl yang juga test rider Honda. Honda sendiri tak menargetkan hasil muluk untuk Bradl dan justru mengalihkan fungsi tim untuk menjajal berbagai perangkat baru di tiap pekan balap.

1 dari 3 halaman

Cara Kerja Berubah Drastis

Test rider Honda, Stefan Bradl (c) HRC Test rider Honda, Stefan Bradl (c) HRC

"Tahun ini sungguh tak biasa. Usai bekerja dengan Marc selama 11 tahun, selalu bekerja dengan rider yang sama, dengan dinamika yang sama, ternyata beralih ke rider lain benar-benar mengubah segalanya secara radikal," curhat Hernandez lewat podcast 'Cambia de Mapa' seperti yang dikutip Corsedimoto, Rabu (7/10/2020).

Menurutnya, perbedaan yang paling mencolok dalam situasi bekerja dengan Bradl dan Marquez adalah hasil dalam balapan. Hernandez belum terbiasa mematok Bradl sekadar meraih poin dan finis, mengingat sebelumnya ia selalu mematok kemenangan dengan Marquez.

"Situasi bersama Stefan dan Marc sangatlah berbeda. Rasanya aneh melihat diri Anda yang biasanya memikirkan podium dan gelar dunia di tiap pekan, dalam sekejap harus coba meraih poin dan menjajal banyak hal seolah-olah Anda adalah bagian dari tim uji coba," kisahnya.

2 dari 3 halaman

Belum Tahu Kapan 'Reuni'

Marc Marquez dan Santi Hernandez (c) HRC Marc Marquez dan Santi Hernandez (c) HRC

Hernandez sempat bertemu dengan Marquez saat sang delapan kali juara dunia itu berkunjung ke Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol. Namun, Hernandez menyatakan bahwa ia dan Marquez sama-sama belum tahu kapan bisa bekerja sama kembali.

"Kami belum bicara soal apa pun. Kami hanya fokus pada balapan. Tim kami akan siap kapan pun Honda menelepon kami dan memberitahu kami apakah Marc akan datang besok. Jadi, ini takkan mengubah cara kerja kami. Toh hasil kami musim ini sudah jelas, jadi tak masuk akal jika kami tak bekerja 100%," tutupnya.

Marquez, yang telah mulai berlatih fisik, dikabarkan bertekad balapan di Aragon, Spanyol, pada 16-18 Oktober, walau rider 27 tahun itu sempat mengaku ingin setidaknya menjalani satu balapan sebelum musim berakhir, yakni di Portimao, Portugal, 20-22 November.

Sumber: Cambia el Mapa, Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Momen Franco Morbidelli Raih Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino

KOMENTAR