BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Covid-19 Belum Usai, MotoGP 2021 Gelar Minimal 18 Balapan

05-02-2021 12:30 | Anindhya Danartikanya

MotoGP Styria 2020 (c) AP Photo MotoGP Styria 2020 (c) AP Photo

Bola.net - MotoGP memang sudah merilis kalender balap musim 2021 yang terdiri dari 20 balapan. Namun, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, sadar betul bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Atas alasan ini, pihaknya menargetkan menggelar minimal 18 balapan pada periode Maret sampai November nanti.

Seperti diketahui, akibat Covid-19, uji coba pramusim di Sepang, Malaysia, yang harusnya digelar pada 14-16 dan 19-21 Februari harus dibatalkan. Sebagai gantinya, uji coba Qatar di Sirkuit Losail yang harus digelar pada 10-12 Maret, akan didahului oleh uji coba tambahan yang digelar pada 5-7 Maret.

"Uji coba Sepang bukan kehilangan besar. Yang terpenting, kami tetap punya uji coba pramusim. Semua pabrikan sepakat mesin dan aerodinamika dibekukan. Jadi perubahannya lebih kecil dari musim-musim sebelumnya. Ini bukan situasi ideal, tapi dampaknya tak terlalu dramatis karena kami uji coba pada Maret," ujar Ezpeleta via Diario AS, Kamis (4/1/2021).

1 dari 3 halaman

Sudah Sejak Awal Godok Rencana Cadangan

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (c) MotoGP.com CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (c) MotoGP.com

Setelah uji coba di Qatar, dua pekan balap beruntun akan digelar di trek yang sama pada 26-28 Maret dan 2-4 April, dilanjutkan dengan Seri Portimao, Portugal, pada 16-18 April. Keputusan ini diambil oleh FIM, IRTA, dan Dorna usai Seri Amerika Serikat dan Argentina ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Ezpeleta menyatakan keputusan ini juga tak diambil secara mendadak. Ia mengaku bahwa rencana ini ternyata sudah digodok bersama semua tim. "Sejak awal, kami sudah merencanakannya. Jika kami tak bisa ke Amerika Serikat, maka kami punya rencana cadangan," ungkap pria berusia 74 tahun ini.

"Kini mereka (Amerika Serikat dan Argentina) sedang menunda balapan dan menunggu apa yang akan terjadi. Target kami adalah menggelar setidaknya 18 balapan. Jika bisa 20, sempurna. Namun, semoga setidaknya bisa ada 18 balapan antara Maret dan November. Ini idealnya, dan jika tak bisa, kami akan adaptasi lagi," lanjut Ezpeleta.

2 dari 3 halaman

Tetap Tanpa Penonton, Kecuali Jika...

Ezpeleta juga menyatakan, demi menghindari risiko, seluruh balapan MotoGP 2021 akan tetap digelar tanpa penonton. Perkecualian bisa terjadi, seperti Misano dan Le Mans tahun lalu, jika pemerintah otoritas kesehatan setempat memberikan izin. Selama tak ada lampu hijau, maka penonton dilarang hadir.

"Balapan Qatar tampaknya bakal tertutup, tapi masih ada beberapa hari lagi, dan saya harap situasinya membaik. Februari merupakan bulan krusial untuk melihat apakah ada perkembangan. Anda harus melihat situasi secara bertahap," ungkap Ezpeleta.

"Tahun lalu penonton hadir di Misano dan Le Mans, dan semua berjalan baik karena tak ada yang terinfeksi. Tapi kami berpihak pada aturan otoritas setempat," pungkas pria asal Spanyol ini.

Sumber: Diario AS

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR