BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

CEO KTM Tekad Turunkan Dani Pedrosa di MotoGP 2021

04-08-2020 14:48 | Anindhya Danartikanya

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer

Bola.net - CEO KTM, Stefan Pierer, mengaku bertekad memberikan fasilitas wildcard kepada sang test rider, Dani Pedrosa, untuk menjalani beberapa balapan di MotoGP 2021. Hal ini ia nyatakan dalam wawancaranya dengan Speedweek, Senin (3/8/2020).

Pedrosa, yang tadinya setia 18 tahun membela Honda, secara mengejutkan pindah ke KTM usai memutuskan pensiun pada akhir 2018 untuk menjabat sebagai test rider. Sejak kedatangannya, motor RC16 pun mengalami lonjakan performa, dan ini diakui oleh para rider KTM sendiri.

Mengingat kariernya penuh prestasi, Pedrosa pun berkali-kali ditawari KTM untuk balapan sebagai rider wildcard pada 2019, namun ia menolak. Belakangan, Pedrosa mulai melunak, tapi menegaskan bahwa dirinya hanya akan turun balapan jika ada perangkat krusial yang harus dijajal.

1 dari 3 halaman

Semua Tergantung Keputusan Dani Pedrosa

Dani Pedrosa (c) KTM/Gorodniakova I. Dani Pedrosa (c) KTM/Gorodniakova I.

"Topik ini sudah dibahas berkali-kali. Tapi keputusan tetap ada di tangan si rider. Dani sungguh-sungguh saat menolak tawaran kami, karena ia tak pernah mau balapan demi dirinya sendiri. Tapi saya takkan mengesampingkan kemungkinan ia akan menjalani 1-2 wildcard pada 2021, karena ini bakal jadi strategi pasar yang baik, terutama di trek yang bersahabat dengannya," ujar Pierer.

Dalam wawancara yang sama, Pierer juga menegaskan target KTM di MotoGP musim ini, yang berjalan singkat dan hanya digelar di lima sirkuit berbeda. Beberapa balapan beruntun pun dianggap Pierer sebagai kesempatan emas bagi kedua timnya untuk tampil lebih baik dan kompetitif, bahkan meraih podium.

"Target kami tahun ini harus 'digit tunggal'. Mungkin kami bisa meraih podium. Pol (Espargaro) hanya tertinggal 0,9 detik dari pemenang di Jerez. Musim ini tak biasa, kami menjalani dua balapan beruntun di lima trek. Rider bisa menyesuaikan diri lewat data, karena ada kesempatan kedua sepekan setelah balapan perteama. Saya berharap banyak pada seri-seri mendatang," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Tak Mau Bebani Brad Binder

Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo

Pierer juga menyoroti debutan Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, yang mencuri perhatian dengan kecepatan dan gaya balap agresifnya di atas RC16 meski belum mampu meraih hasil baik. Pierer mengaku kagum pada rider Afrika Selatan itu, namun ogah memberinya beban kelewat besar.

"Kami tak mau berekspektasi terlalu tinggi pada Brad dalam tahun pertamanya. Tapi kami tahu ia rider yang hebat. Tiga tahun lalu, saya langsung tahu kami pasti akan membawanya ke MotoGP. Rencana jangka panjang kami dari Rookies Cup ke MotoGP terbukti jitu. Kami sangat termotivasi," pungkasnya.

Para rider KTM, yakni Espargaro, Binder, Miguel Oliveira, dan Iker Lecuona, akan kembali berjumpa di lintasan dalam MotoGP Ceko yang digelar di Automotodrom Brno pada 7-9 Agustus mendatang.

3 dari 3 halaman

Video: MotoGP 2020 Takkan Mampir Negara Non-Eropa

KOMENTAR