BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Cemas dan Tak Nyaman, Valentino Rossi Tak Mau Sang Anak Ikut Jadi Pembalap MotoGP

19-10-2021 13:51 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT MotoGP sekaligus sembilan kali juara dunia, Valentino Rossi, tak mau sang anak mengikuti jejaknya menjadi pembalap motor. Kepada Speedweek, Jumat (15/10/2021), Rossi mengaku kini jadi paham mengapa keluarga dan kawan-kawannya sangat takut tiap kali melihatnya balapan.

Seperti yang diketahui, pada awal Agustus, Rossi mengumumkan keputusan pensiun pada akhir musim nanti. Dua pekan setelah menyampaikan keputusan itu, Rossi punya pengumuman lain, yakni sang pacar, Francesca Sofia Novello, tengah mengandung anak berjenis kelamin perempuan.

Rossi pun mengakui dirinya sangat lega ketika mendengar bahwa anaknya perempuan. Menurutnya, dengan begitu, sang anak takkan jadi pembalap motor, meski banyak pembalap motor perempuan di dunia, seperti Maria Herrera yang turun di MotoE, Ana Carrasco di WorldSSP300, dan Kiara Fontanesi di motocross.

1 dari 2 halaman

Anggap Kabar Baik

"Harus saya akui, ketika tahu bahwa kami akan punya anak perempuan dan bukan anak laki-laki, saya bilang pada Franci, 'Ini kabar bagus, jadi kita tak perlu berpikir soal apakah ia bakal jadi pembalap motor atau tidak'. Pasalnya, anak kami jelas takkan turun di MotoGP," pembalap Italia berusia 42 tahun ini.

Rossi mengaku kini dirinya kerap takut menonton balapan, terutama ketika melihat sang adik, Luca Marini, dan para anggota VR46 Riders Academy beraksi. Ia mengaku kini jadi paham mengapa sang ibu, Stefania Palma, dan sang ayah, Graziano Rossi, kerap mencemaskan keselamatannya di lintasan.

"Melihat adik saya dan para rider dari akademi, saya jadi paham rasanya punya sensasi tak nyaman ketika menonton balap motor, apalagi ada anggota keluarga yang terlibat. Ini adalah hal yang tak pernah saya pikirkan ketika muda. Saya tak pernah berada di posisi ibu dan ayah saya," ungkap Rossi.

2 dari 2 halaman

Sulit Nonton Balapan

VR46 Riders Academy (c) Twitter/VR46 Riders Academy
VR46 Riders Academy (c) Twitter/VR46 Riders Academy

Rossi pun mengakui, meski ada kemungkinan sang anak tertarik pada dunia balap motor, ia berharap si kecil takkan jadi pembalap ketika dewasa. Pasalnya, sangat berat bagi Rossi menonton anggota keluarganya sendiri melaju dengan kecepatan tinggi di lintasan, meski dilindungi oleh banyak perangkat yang aman sekalipun.

"Ketika adik saya balapan, atau para rider dari akademi, yang merupakan sahabat-sahabat saya, rasanya saya sangat sulit untuk menonton. Jadi, saya sangat senang bakal punya anak perempuan dan semoga kami bisa mengatasi masalah. Jika harus memutuskan, saya berharap anak saya tak perlu jadi pembalap motor," tutupnya.

Sebelum pensiun, Rossi masih punya tiga balapan lagi untuk dijalani musim ini. Ia akan kembali turun lintasan di seri kandangnya, MotoGP Emilia Romagna, yang bakal digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia, pada 22-24 Oktober mendatang.

Sumber: Speedweek

KOMENTAR