BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Cedera Lutut Rumit, Franco Morbidelli Bisa Absen 4 Balapan Lagi

15-07-2021 10:15 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Bola.net - Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, menyatakan bahwa Franco Morbidelli terancam absen lagi selama empat balapan di MotoGP 2021 akibat cedera lutut kiri yang rumit. Hal ini ia sampaikan lewat situs resmi tim pada Rabu (14/7/2021), mengingat Morbidelli menjalani operasi pada akhir Juni lalu.

Morbidelli sudah bergelut dengan cedera ini sejak pertengahan 2015 akibat patah kaki, yang membuat ligamen krusiat anterior (ACL) pada lututnya terkilir dan ia harus absen dari banyak balapan di Moto2. Dalam diam, ia ternyata terus mengalami kesulitan pada lututnya dan masih menjalani perawatan hingga enam tahun berselang.

Namun, kondisinya ini terendus usai ia jatuh di pitlane saat ganti motor dalam simulasi flag-to-flag MotoGP Le Mans. Tersungkur, ia sulit bangkit hingga harus dibopong para mekanik. Usai insiden, Morbidelli mengaku kondisi lututnya memburuk akibat kecelakaan lagi dalam latihan motor di Tavullia pada musim dingin awal tahun ini.

Insiden latihan itu pun merusak meniskusnya. Morbidelli mengaku cara terbaik mengatasi cedera ini adalah operasi, namun pemulihan yang sangat panjang membuatnya urung, dan lebih memilih untuk menjalani fisioterapis secara rutin ketimbang absen panjang dari MotoGP.

1 dari 3 halaman

Takkan Balapan Sebelum Seri Misano

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Sayang, usai menjalani pekan balap MotoGP Sachsenring, Morbidelli ternyata pulang ke Tavullia untuk latihan motor dan kecelakaan lagi. Lututnya kembali sakit dan ia pun harus absen dari Assen. Usai pemeriksaan medis, ternyata operasi ACL dan meniskus tak terhindarkan.

Namun, dalam pernyataan terkininya, Razali menyatakan bahwa Morbidelli tampaknya harus absen panjang, dan takkan balapan di Seri Styria, Austria, Inggris, dan Aragon. Ia berharap ridernya itu bisa kembali di seri kandangnya, yakni Seri San Marino di Misano pada 17-19 September.

"Franco menjalani pemulihan yang baik dari operasi lututnya. Kami ingin memastikan bahwa ia bugar 100% ketika kembali. Jadi, saya rasa kami takkan berharap ia balapan lagi sampai Misano, meski saya harap ia bisa kembali lebih cepat," ungkap pria asal Malaysia ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Morbidelli Kembali Saat Sudah 100% Fit

"Misano adalah trek yang Franco sukai, ia sangat mengenal trek tersebut, dan harusnya tempat itu bisa jadi tempat yang baik untuk melihatnya kembali. Kami semua akan terus mendoakan yang terbaik untuk pemulihannya dan hanya akan kembali ketika ia benar-benar merasa fit," lanjut Razali.

Eks CEO Sirkuit Sepang ini pun tak memungkiri 2021 adalah musim yang berat, apalagi jika mengingat Morbidelli merupakan runner up 2020. "Musim 2021 jelas tak seperti harapan kami. Franco mengalami masalah motor pada seri pertama, namun kembali kuat dan meraih podium perdana kami musim ini di Jerez," tuturnya.

"Sayangnya, ia kemudian kesulitan akibat masalah lutut yang kemudian menjadi lebih rumit dan akhirnya membuatnya membutuhkan operasi. Ini jelas menghambat keinginan kami untuk tampil baik pada sisa musim. Namun, kami berharap ia bisa kembali kuat," pungkas Razali.

Sumber: Petronas Yamaha SRT

3 dari 3 halaman

Video: Angka Covid-19 Meningkat, Australia Batalkan MotoGP dan Formula 1

KOMENTAR