BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Cedera Lutut Memburuk, Franco Morbidelli Absen dari MotoGP Assen

23-06-2021 08:12 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Bola.net - Kabar mengejutkan datang dari Petronas Yamaha SRT. Akibat cedera lutut kiri yang memburuk, Franco Morbidelli dipastikan absen dari MotoGP Belanda yang akan digelar di Sirkuit Assen pada 25-27 Juni. Hal ini diumumkan pada Selasa (2/6/2021) malam waktu Italia atau Rabu (23/6/2021) pagi WIB.

Morbidelli sejatinya sudah bergelut dengan cedera ini sejak pertengahan 2015 akibat patah kaki, yang membuatnya harus absen dari banyak balapan di Moto2. Dalam diam, ia ternyata terus mengalami kesulitan pada lututnya dan masih menjalani perawatan hingga enam tahun berselang.

Namun, cedera ini mulai terendus publik ketika ia jatuh di pitlane saat hendak ganti motor dalam simulasi flag-to-flag di sesi latihan bebas di MotoGP Le Mans, Prancis, pertengahan Mei lalu. Usai tersungkur di atas motornya, 'Franky' kesulitan bangkit hingga harus dibopong oleh para mekaniknya untuk masuk ke garasi.

1 dari 3 halaman

Cedera yang Berbelit sejak 2015

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Usai insiden itu, anak didik Valentino Rossi di VR46 Riders Academy ini akhirnya mengaku ligamen lututnya sudah terkilir saat patah kaki pada 2015 lalu. Kondisinya tak membaik usai ia kecelakaan lagi dalam latihan motor di Tavullia, Italia, pada musim dingin awal tahun ini, merusak meniskusnya.

Morbidelli pun mengakui cara terbaik mengatasi cedera ini adalah menjalani operasi, namun pemulihan yang sangat panjang membuatnya urung, dan lebih memilih untuk menjalani fisioterapis secara rutin ketimbang absen panjang dari MotoGP.

Sayang, usai menjalani pekan balap MotoGP Sachsenring, Jerman, akhir pekan lalu, Morbidelli ternyata pulang ke Tavullia dan menjalani latihan motor bersama VR46 Riders Academy, dan mengalami kecelakaan lagi. Lututnya kembali sakit dan ia pun harus absen dari Assen.

Berikut pernyataan resmi Petronas Yamaha SRT.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Petronas Yamaha SRT

"Petronas Yamaha Sepang Racing Team bisa mengonfirmasi bahwa Franco Morbidelli akan absen dari GP Belanda akhir pekan ini akibat cedera pada lutut kirinya usai latihan hari ini.

"Cedera ini cukup mengharuskan Franco absen dari akhir pekan ini dan ia tengah menjalani pemeriksaan medis demi menentukan aksi terbaik untuk pemulihannya. Petronas Yamaha Sepang Racing Team mengharapkan pemulihan yang cepat bagi Franky."

Tak ada pengganti untuk Morbidelli di Assen akhir pekan ini, mengingat regulasi MotoGP menyatakan bahwa nama pembalap pengganti rider yang cedera harus diajukan kepada pihak penyelenggara setidaknya 10 hari sebelum pekan balap dimulai.

Sumber: Petronas Yamaha SRT

3 dari 3 halaman

Video: Sujud Syukur Marc Marquez Usai Menangi MotoGP Sachsenring

KOMENTAR