BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Catalunya Diubah, Para Rider MotoGP Lempar Kritik Tajam

26-05-2017 10:45 | Anindhya Danartikanya

Catalunya diubah, para rider MotoGP lempar kritik tajam. (c) HRC Catalunya diubah, para rider MotoGP lempar kritik tajam. (c) HRC

Bola.net - Usai uji coba tengah musim di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol pada hari 24-25 Mei, beberapa rider MotoGP melempar kritik tajam soal perubahan di sektor terakhir lintasan. Uniknya, hal ini sejatinya telah mereka setujui dalam rapat Safety Commission tahun lalu usai tewasnya rider Moto2, Luis Salom.

Salom mengalami kecelakaan di Tikungan 12 pada layout lama, dan perubahan segera dilakukan pada pekan balap yang sama. Para rider MotoGP pun sepakat menggunakan layout Formula 1, yakni melewati Tikungan 10 yang berbelok tajam ke kiri, serta memakai chicane di sektor terakhir.

Tahun ini, layout tersebut kembali diubah, juga sesuai keputusan rapat Safety Commission, dengan meletakkan chicane baru (lihat grafis).

Layout Sirkuit Barcelona-Catalunya : merah = MotoGP 2015, oranye = Formula 1, hitam = MotoGP 2017. (c) CrashLayout Sirkuit Barcelona-Catalunya : merah = MotoGP 2015, oranye = Formula 1, hitam = MotoGP 2017. (c) Crash

Test rider Ducati Corse, Casey Stoner berkendara lebih dulu pada Senin (22/5) dan menjadi rider pertama yang melontarkan kritik soal perubahan ini. Ia pun didukung duet Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro dan Sam Lowes, serta rider Reale Avintia Racing, Loris Baz. Meski begitu, rider LCR Honda, Cal Crutchlow meminta mereka tak mengeluhkan perubahan ini.

Berikut pernyataan para rider mengenai perubahan Sirkuit Barcelona-Catalunya tahun ini.

1 dari 5 halaman

Casey Stoner

"Inilah konfigurasi terbaru dari salah satu sirkuit terbaik di dunia. Sirkuit Catalunya kini juga menggunakan layout F1 di Tikungan 10. Saya tak hanya membicarakan tikungan di mana @LuisSalom39 tewas secara tragis, tapi juga Tikungan 1. Coba jelaskan itu," tulis Stoner melalui @Official_CS27 dengan mengunggah gambar layout terbaru Sirkuit Barcelona-Catalunya.



2 dari 5 halaman

Aleix Espargaro

"Lintasannya tidak menyenangkan. Tapi ini bukan hal paling penting, karena tingkat keselamatan adalah hal utama. Baiklah, kita berkendara di sana karena lebih aman. Tapi Catalunya merupakan salah satu sirkuit terbaik dunia dan sekarang malah jadi lintasan yang biasa-biasa saja, bahkan jadi lintasan yang buruk! Kami punya tikungan-tikungan bodoh dengan tingkat kemiringan yang benar-benar bodoh pula. Ini tidak menyenangkan, padahal lintasan ini dikenal sebagai salah satu lintasan paling menyenangkan di dunia.

Kami harus membiasakan diri dengan chicane baru, tapi tikungan ini tidak cocok dengan gaya balap saya. Saya lebih memilih tikungan cepat, tapi kami harus membiasakan diri. Jika mereka membuat tikungan cepat, dinding pembatas terlalu dekat. Menurut saya mereka melakukan pekerjaan dengan baik. Aspalnya baik, begitu pula grip-nya, fantastis. Dengan ruang yang ada, mereka telah bekerja secara maksimal. Tapi area ini sungguh jelek!"
3 dari 5 halaman

Sam Lowes

"Chicane itu bukan chicane MotoGP. Saya tak mau berkata buruk. Ini topik sensitif bila mengingat alasan perubahan ini dilakukan. Tapi menurut saya bukan begini cara yang tepat. Mungkin untuk MotoGP akan baik-baik saja. Saya tak mau bikin sial, tapi saya bisa katakan bahwa bagi Moto2 dan Moto3, para rider bakal mengalami banyak kecelakaan di lap-lap pertama di sana. Lintasan ini sedikit lebih lambat ketimbang sebelumnya.

Jika Anda meletakkan dinding udara di sana, pembalap juga melaju tak terlalu cepat. Mereka tak perlu melakukannya. Sejatinya saya juga tidak suka lintasan yang lama, tapi kini malah lebih buruk. Rasanya sulit mempertahankan ritme di sana. Anda harus mengambil risiko tinggi dan harus melewati kerb. Beberapa rider melakukannya dalam uji coba ini, tapi saya rasa mereka takkan boleh melakukannya saat pekan balap. Saya rasa catatan waktu mereka bakal dihapus."
4 dari 5 halaman

Loris Baz

"Chicane baru itu benar-benar sampah. Begitu juga Tikungan 10. Padahal sebelumnya di sanalah satu-satunya tempat di mana saya menikmati lintasan ini. Saya paham tingkat keselamatan adalah hal utama. Sayalah yang selalu mengatakannya lebih dulu setiap waktu. Tapi saya sungguh tak paham soal Tikungan 10, bahkan jika dinding pembatas terlalu dekat. Tapi saya rasa di beberapa sirkuit bisa jadi dinding pembatas lebih dekat dengan lintasan ketimbang di Catalunya.

Mungkin mereka seharusnya bisa melakukan perubahan lain. Saya paham perubahan ini bagus untuk tingkat keselamatan, tapi layout baru ini sungguh buruk. Jujur saja, dua tikungan (ke kanan) di sektor terakhir merupakan satu-satunya tempat yang dulu saya nikmati. Area stadium terdiri dari tiga tikungan, dan bahkan Tikungan 3. Tapi kini sektor terakhir merupakan sektor paling lambat di sepanjang musim. Sangat disayangkan, tapi mau bagaimana lagi?"
5 dari 5 halaman

Cal Crutchlow

"Memang buruk, tapi Anda juga harus paham mengapa kami memilihnya. Kami tak bisa mengambil keputusan dan lalu mengeluh. Ini 'kan keputusan para rider MotoGP. Jika rider Moto2 dan Moto3 mengeluh, barulah kami harus memakluminya. Tapi rider MotoGP tak boleh mengeluh tentang ini. Kami 'kan sudah memilih untuk melakukan perubahan ini, karena kecepatan yang tinggi, begitu juga dinding pembatasnya. Pada akhirnya, kami harus menerimanya. Memang tidak bagus, tapi memangnya apa yang bisa kami lakukan? Kecuali jika kami mau kembali menggunakan layout yang lama. Kita lihat saja nanti."

KOMENTAR