BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Casey Stoner Kecam Hukuman Pengawas Balap MotoGP untuk Johann Zarco

10-08-2020 13:25 | Anindhya Danartikanya

Casey Stoner (c) Ducati Casey Stoner (c) Ducati

Bola.net - Dua kali juara dunia MotoGP, Casey Stoner, memberikan pembelaannya kepada Johann Zarco, yang dijatuhi Long Lap Penalty oleh FIM Stewards Panel usai mengalami senggolan dengan Pol Espargaro di Sirkuit Automotodrom Brno, Ceko, pada Minggu (9/8/2020).

Start dari pole, Zarco memang melorot ke posisi 6 pada lap pertama. Namun, ia berhasil kembali ke posisi 5 pada lap kedua usai menyalip Pol Espargaro. Ia naik satu posisi lagi pada Lap 3 usai menyalip Aleix Espargaro.

Saat Pol naik ke posisi 5, Zarco bertarung sengit dengan rider KTM itu. Puncaknya terjadi pada Lap 10. Polyccio melebar saat masuk tikungan pertama. Ia berusaha kembali ke garis balap yang tepat, namun justru bersenggolan dengan Zarco, lalu jatuh dan gagal finis.

1 dari 3 halaman

Sebut Keputusan Buruk

Pembalap Hublot Reale Avintia Racing, Johann Zarco (c) Reale Avintia Pembalap Hublot Reale Avintia Racing, Johann Zarco (c) Reale Avintia

Insiden itu sempat diinvestigasi oleh FIM Stewards Panel, dan pada Lap 13, mereka secara mengejutkan menjatuhkan Long Lap Penalty kepada Zarco. Hukuman ini pun menjadi kontroversi, dan banyak pihak menilai Zarco tak melakukan kesalahan.

Stoner menjadi salah satu orang yang yakin insiden itu bukan kesalahan Zarco. Lewat Twitter, eks pembalap asal Australia itu langsung mengecam FIM Stewards Panel dan menyebut keputusan mereka menjatuhkan Long Lap Penalty kepada Zarco adalah keputusan buruk.

"Itu memalukan @MotoGP! Zarco tak melakukan kesalahan apa pun, jika kau (Pol) melebar, kau tak bisa berharap untuk memotong jalur demi kembali ke kerb tanpa seorang pun berada di sana. Keputusan buruk dari pihak berwenang," tulis Stoner.

2 dari 3 halaman

Bos Ducati Sepakat

Twit Stoner ini pun mendapatkan perhatian dari Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, yang juga sempat terlihat kesal dan menyampaikan keresahannya kepada FIM Stewards Panel lewat salah satu anggota IRTA di pitlane saat balapan masih berlangsung.

"Terima kasih, Casey! @JohannZarco1 harusnya finis kedua... Hasil yang sangat baik untuk tim @realeavintia. Sebuah keputusan buruk dari Race Direction... Untungnya, Johann masih bisa finis di atas podium," tulis Ciabatti.

Zarco sendiri patuh menjalankan penalti itu di Tikungan 7 pada Lap 14, dan caranya pun jadi perhatian. Rider Prancis ini dengan tepat meletakkan kedua ban Desmosedici GP19-nya di dalam garis penalti, namun lututnya tetap berada di luar garis. Dengan presisi tinggi, ia pun berhasil keluar tikungan tepat di depan Fabio Quartararo dan akhirnya finis ketiga.

3 dari 3 halaman

Video: Kembali Bergulir, MotoGP 2020 Ketat Terapkan Protokol Kesehatan

KOMENTAR