Cantiknya Phillip Island, Trek Favorit Para Pebalap MotoGP

Anindhya Danartikanya | 23 Oktober 2019, 11:17
MotoGP Australia 2018 (c) Pramac Racing
MotoGP Australia 2018 (c) Pramac Racing

Bola.net - Akhir pekan ini, MotoGP 2019 akan memasuki seri ke-17, yang digelar di Sirkuit Phillip Island, Australia. Nyaris semua rider selalu bersemangat ketika tiba di sirkuit tersebut, dan banyak di antara mereka yang mengaku bahwa trek ini adalah trek favorit mereka.

Phillip Island juga selalu menyajikan persaingan yang sangat sengit di kelas MotoGP. Setiap tahunnya, sekitar 8 pebalap menjalani aksi saling salip yang menegangkan dalam balapan, memperebutkan kemenangan.

Ketatnya persaingan di sana, digadang-gadang karena layout Phillip Island mampu menutupi kelemahan dan bahkan menyamaratakan kekuatan semua motor, hingga sulit melihat siapa pebalap yang punya performa paling unggul.

Tak hanya menyajikan pertunjukan seru, Phillip Island juga menjadi favorit para rider karena hal-hal lain. Apa saja sih? Simak yang berikut ini ya, Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Pemandangan Indah

MotoGP Australia 2018 (c) AFP

MotoGP Australia 2018 (c) AFP

Setiap kali MotoGP berkunjung, pemandangan Phillip Island sedang indah-indahnya. Rerumputan di sekitar trek terlihat hijau asri, dan binatang-binatang liar juga tak jarang memasuki trek. Kelinci, kangguru kecil, bahkan burung camar seolah juga selalu ikut 'menonton' balapan.

2 dari 5 halaman

Dekat Laut Lepas

Sirkuit Phillip Island, Australia (c) Australian MotoGP

Sirkuit Phillip Island, Australia (c) Australian MotoGP

Selain cuacanya yang sejuk pada bulan Oktober, Phillip Island juga berada tepat di sebelah laut lepas, yakni terletak di Teluk Cunningham yang juga merupakan bagian dari perairan Selat Bass yang menghubungkan Australia dengan Pulau Tasmania.

3 dari 5 halaman

Tikungan Pertama yang Seram Tapi Seru

Para rider MotoGP bersiap start. (c) Australian MotoGP

Para rider MotoGP bersiap start. (c) Australian MotoGP

Tikungan pertama Phillip Island dikenal selalu memberikan perasaan campur aduk bagi para pebalap. Merupakan salah satu tikungan kanan tercepat di kalender MotoGP, tikungan tersebut juga berhadapan langsung dengan laut.

Para rider kerap merasa seram ketika memasukinya karena seolah bisa tercebur ke dalam laut, tapi sensasinya yang memacu adrenalin membuat mereka ketagihan.

4 dari 5 halaman

Tikungan Lukey Heights

Para rider Moto2 melewati tikungan Lukey Heights (c) AFP

Para rider Moto2 melewati tikungan Lukey Heights (c) AFP

Tikungan Lukey Heights juga merupakan salah satu tikungan yang disukai para rider karena sangat menantang. Tikungan tersebut berada di puncak bukit. Para rider pun melaju cepat menaiki tikungan kiri tersebut, namun juga harus menjaga keseimbangan sebelum meluncur tajam ke kanan.

5 dari 5 halaman

Berebut Stoner Corner

Casey Stoner saat peresmian Stoner Corner pada 2012. (c) AFP

Casey Stoner saat peresmian Stoner Corner pada 2012. (c) AFP

Setelah memutuskan pensiun dini pada akhir 2012 lalu, nama Casey Stoner pun diabadikan di Tikungan 3 Sirkuit Phillip Island, karena merupakan salah satu tikungan favoritnya dan ia dikenal paling lihai mempertahankan corner speed di tikungan tersebut.

Setelah diresmikan, banyak pebalap yang kecewa, karena nama mereka tak bisa diabadikan di tikungan tersebut. Marc Marquez dan rider Australia lainnya, Jack Miller, merupakan segelintir pebalap yang ternyata juga amat menggemari tikungan ke kiri tersebut.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR