Cal Crutchlow: Toprak Razgatlioglu Harusnya ke Petronas, MotoGP Nggak Bakal Rugi

Anindhya Danartikanya | 10 Agustus 2021, 15:08
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Bola.net - Test rider Yamaha, Cal Crutchlow, menyebut rider Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, sebagai opsi terbaik untuk Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2022. Alhasil, ia sangat kecewa dan menyayangkan rider Turki itu justru memilih bertahan di WorldSBK dengan kontrak dua tahun dari Yamaha Motor Europe.

SRT memang sedang pusing. Franco Morbidelli akan ke Monster Energy Yamaha pada 2022 meski belum ada pengumuman resmi dari Yamaha, dan Valentino Rossi akan pensiun. Razgatlioglu dan rider Moto2, Raul Fernandez, jadi incaran utama, tapi gagal total digaet. Fernandez dipastikan ke Tech 3 KTM meski ingin ke SRT.

Garrett Gerloff juga sempat jadi calon rider SRT, namun memilih tetap di WorldSBK. Kini, SRT pun fokus pada rider-rider Moto2, terutama pada Marco Bezzecchi. Tapi rider Italia ini tampaknya cenderung memilih ke VR46 Team. Opsi SRT kian menipis, namun Crutchlow tetap yakin Razgatlioglu adalah opsi terbaik.

1 dari 2 halaman

Toprak Razgatlioglu Itu Paket Komplet

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Petronas SRT

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Petronas SRT

"Bakal menyenangkan melihat Toprak di MotoGP. Ia punya talenta fantastis. Ia bakal jadi angin segar. Jadi rider MotoGP zaman sekarang, memang harus cepat, dan terbukti, tak peduli siapa Anda, jika meraih hasil baik, berarti Anda bekerja dengan baik," ujar Crutchlow kepada Autosport di sela Seri Styria, Minggu (8/8/2021).

"Namun, di lain sisi, tim, pabrikan, dan semua orang menginginkan paket komplet dan saya rasa Toprak punya itu semua. Ia tahu benar nilai apa yang ia miliki, dan itu salah satu hal penting. Ia bakal bagus untuk MotoGP, demi promosi kejuaraan ini," lanjut rider Inggris ini, yang jadi rider pengganti sementara Morbidelli yang cedera lutut.

Menurut Crutchlow, Razgatlioglu hanya akan bisa memberi keuntungan bagi MotoGP. Rider 24 tahun ini tak hanya bertalenta, melainkan juga punya karakter unik, dan pendukungnya pun masif. Hal ini Crutchlow yakini bisa membantu meningkatkan popularitas MotoGP, dan menyenangkan sponsor-sponsor SRT dan Yamaha.

2 dari 2 halaman

Hanya Bisa Datangkan Keuntungan

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

"Toprak tak merendahkan dirinya sendiri atau olahraga ini. Pengikutnya di media sosial sangat oke, dan akan lebih besar lagi. Ia dari Turki, jadi mungkin MotoGP bisa kembali ke Turki, MotoGP bisa ambil untung. Itu alasan saya bilang ia orang terbaik. Ia tak mempromosikan kaus gratis dan merendahkan sponsor yang ia punya," tutur Crutchlow.

"Jika ada perusahaan yang membayar Anda £100.000 dan memberi Anda kaus senilai £100 secara cuma-cuma, apa keuntungan untuk mereka jika Anda mengunggahnya 10 kali per tahun? Jadi, saya rasa ia melakukan semuanya dengan sangat baik, dan ia juga sangat bagus untuk mempromosikan tim di sini," lanjutnya.

Crutchlow menegaskan tak punya suara dalam pemilihan rider SRT, tapi ikut diskusi dengan Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis. "Toprak pilihan saya, namun kans itu sudah tak ada. Bukannya saya punya andil dalam hal ini, meski saya jelas mendiskusikannya dengan Lin dan tim. Jadi, pilihan Lin bakal sangat penting dalam hal ini," tutupnya.

Sumber: Autosport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR