BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Cal Crutchlow Semangat Kerja Bareng Ramon Forcada di MotoGP Styria

04-08-2021 09:11 | Anindhya Danartikanya

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP
Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Test rider Yamaha, Cal Crutchlow, bertekad bekerja dengan baik dalam pekan balap MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 6-8 Agustus, di mana ia akan membela Petronas Yamaha SRT sebagai pengganti Franco Morbidelli yang masih cedera lutut kiri. Hal ini ia nyatakan via rilis tim, Selasa (3/8/2021).

Morbidelli mendadak harus menjalani operasi meniskus dan ligamen krusiat anterior (ACL) pada akhir Juni dan absen dari Seri Belanda. Di sana, ia sempat digantikan oleh rider GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff. Namun, padatnya jadwal WorldSBK membuat Gerloff tak lagi bisa menggantikan Morbidelli di seri-seri berikutnya.

Alhasil, pada akhir Juli lalu, Petronas SRT dan Yamaha memutuskan memanggil Crutchlow, yang pensiun dari kompetisi pada akhir 2020 dan kini menjadi test rider Yamaha. Pada Maret lalu, yakni di sela uji coba pramusim di Qatar, Crutchlow memang sempat mengaku bahwa ia juga bertugas jadi rider pengganti pembalap cedera.

1 dari 3 halaman

Bakal Rasakan Sensasi Berbeda

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP
Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP

"Saya tak sabar kembali ke grid dan kembali membiasakan diri pada pekan balap, meski rasanya bakal sangat berbeda dari pekerjaan yang sudah saya lakukan tahun ini sebagai test rider Yamaha," ungkap Crutchlow, yang juga akan balapan di MotoGP Austria pada 13-15 Agustus, dan MotoGP Inggris pada 27-29 Agustus mendatang.

Red Bull Ring sendiri merupakan trek yang dikenal tak cocok dengan Yamaha, dan hasil terbaik mereka di sana hanyalah finis ketiga lewat Jorge Lorenzo pada 2016 dan Fabio Quartararo pada 2019. Crutchlow juga mengaku tak terlalu menyukai trek ini, namun ia kerap menyajikan performa apik di sana selama membela LCR Honda.

"Spielberg bukan trek yang saya nikmati pada masa lalu, tapi saya finis keempat pada 2018 dan itu hasil yang baik. Ini bukan trek yang mengalir cepat, melainkan trek di mana Anda harus melaju sangat cepat dengan garis balap yang tepat. Saya tak punya target hasil, tujuan utama saya hanyalah memperbaiki diri dari sesi ke sesi," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Ramon Forcada Paham Betul Soal Yamaha

Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) SRT
Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) SRT

Selain senang bisa kembali balapan, Crutchlow juga mengaku sangat bersemangat bakal bekerja sama dengan crew chief Morbidelli, yang juga dikenal sebagai teknisi legendaris MotoGP, Ramon Forcada. Ini akan jadi momen perdana Crutchlow berbagi garasi dengan pria asal Spanyol tersebut.

Seperti yang diketahui, Forcada pernah bekerja sama dengan Carlos Checa, Alex Barros, Jorge Lorenzo, dan Maverick Vinales. Ia meraih begitu banyak prestasi mentereng, dan yang paling mencolok adalah tiga gelar dunia MotoGP yang ia dapatkan bersama Lorenzo dan Yamaha pada 2010, 2012, dan 2015.

"Saya akan bekerja dengan Ramon Forcada, yang paham betul motor Yamaha. Saya rasa bakal oke karena Ramon sudah bersama Yamaha saat saya masih balapan untuk mereka. Saya yakin semua bakal berjalan baik. Saya hanya harus memastikan saya bekerja dengan baik untuk tim," pungkas Crutchlow.

Sumber: Petronas Yamaha SRT

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR