Cal Crutchlow Resmi Tetap Jadi Test Rider Yamaha sampai MotoGP 2023

Anindhya Danartikanya | 31 Januari 2022, 18:55
Test rider Yamaha MotoGP, Cal Crutchlow (c) Twitter/YamahaMotoGP
Test rider Yamaha MotoGP, Cal Crutchlow (c) Twitter/YamahaMotoGP

Bola.net - Yamaha Motor Racing (YMR) resmi mengumumkan bahwa Cal Crutchlow akan tetap menjabat sebagai test rider mereka di MotoGP sampai 2023 mendatang. Hal ini mereka nyatakan secara publik lewat akun Twitter resmi Monster Energy Yamaha pada Senin (31/1/2022).


Crutchlow menjalani debut MotoGP pada 2011 bersama Monster Yamaha Tech 3, sebelum membela Ducati Team pada 2014 dan LCR Honda pada 2015-2020. Pada akhir 2020, ia pun pensiun dan menjadi test rider Yamaha mulai awal 2021, menggantikan lima kali juara dunia, Jorge Lorenzo.

Selain menjabat sebagai test rider, Crutchlow juga berperan sebagai pembalap cadangan. Tahun lalu, rider 36 tahun itu sempat kembali menjalani empat balapan untuk Petronas Yamaha SRT dan Monster Energy Yamaha sebagai pengganti Franco Morbidelli yang cedera lutut berkepanjangan.

1 dari 2 halaman

Dapat Kontrak Baru Berdurasi 2 Tahun

Selama enam musim membela LCR Honda, Crutchlow sangat terlibat dalam pengembangan motor RC213V bersama Marc Marquez. Melihat hal ini, Yamaha meyakini jasanya akan sangat berharga demi membantu pengembangan YZR-M1, yang terbukti sukses merebut gelar dunia 2021 bersama Fabio Quartararo.

Atas alasan inilah YMR akhirnya memberikan kontrak baru berdurasi dua tahun untuk rider asal Inggris tersebut. "Test rider dikonfirmasi. @calcrutchlow akan melanjutkan kinerjanya sebagai test rider resmi Yamaha Factory Racing pada 2022 dan 2023," tulis Yamaha lewat Twitter.

Crutchlow sendiri mengaku merasa bangga bisa mendapatkan kepercayaan dari Yamaha untuk meneruskan kinerjanya sebagai test rider, serta membantu Quartararo dan Morbidelli mengembangkan motor YZR-M1. Misi ini diharapkan bisa membantu mereka mempertahankan gelar dunia pada 2022.

2 dari 2 halaman

Janji 100% Bantu Yamaha

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP

"Saya senang bisa menghabiskan dua tahun ke depan bersama Monster Energy Yamaha MotoGP sebagai test rider resmi mereka lagi. Saya rasa masuk akal bagi semua pihak yang terlibat untuk melanjutkan hubungan kerja bagus kami sejak tahun lalu. Saya akan kembali mengerahkan 100% untuk proyek ini," ujar Crutchlow.

Crutchlow, yang merupakan juara WorldSSP 2009, dijadwalkan ikut dalam uji coba shakedown MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 31 Januari-2 Februari, yang dilanjutkan dengan uji coba pramusim di trek yang sama pada 5-6 Februari.

Line up Yamaha Motor Racing di MotoGP 2022:

Monster Energy Yamaha

  • #20 Fabio Quartararo
  • #21 Franco Morbidelli

WithU Yamaha RNF MotoGP Team

  • #04 Andrea Dovizioso
  • #40 Darryn Binder (debutan)

Test rider Yamaha Factory Racing

  • #35 Cal Crutchlow

Sumber: Twitter/YamahaMotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR