Cal Crutchlow Resmi Jadi Test Rider Yamaha, Gantikan Jorge Lorenzo

Anindhya Danartikanya | 13 November 2020, 19:35
Pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) LCR Honda
Pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) LCR Honda

Bola.net - Yamaha Motor Racing (YMR) akhirnya secara resmi mengumumkan Cal Crutchlow sebagai test rider terbaru mereka untuk MotoGP 2021 pada Jumat (13/11/2020) di sela pekan balap MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol. Crutchlow pun akan menggantikan posisi Jorge Lorenzo.

Sejak Juni lalu, Crutchlow telah dipastikan bakal terdepak dari LCR Honda. Ia akan digantikan oleh Alex Marquez yang juga didepak dari Repsol Honda untuk memberi jalan kepada Pol Espargaro. Sejak itu, Crutchlow menjalani negosiasi dengan Aprilia sebagai pengganti Andrea Iannone yang didera kasus doping.

Namun, meski Iannone dipastikan bakal dihukum larangan balap selama empat tahun, Crutchlow akhirnya menolak tawaran Aprilia untuk bergabung. Rider asal Inggris ini justru banting setir kembali ke Yamaha, yang menawarinya jabatan test rider, menggantikan Lorenzo.

Berikut pernyataan resmi Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis.

1 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Lin Jarvis

"Pertama, saya ingin berkata, 'Selamat datang kembali' kepada Cal. Saya masih ingat kunjungan pertama Cal ke YMR bertahun-tahun lalu usai menjadi juara World Supersport, dan saya ingat ia menyatakan keinginannya untuk turun di MotoGP.

"Usai pindah ke WorldSBK, ia menjalani tiga musim di Monster Yamaha Tech 3, sebelum menggali pengalaman selama tujuh musim di dua rival utama kami. Pengalaman yang kaya, ditambah karakternya yang blak-blakan, jelas akan memberi keuntungan besar bagi kami sementara kami memperbaiki motor YZR-M1 dengan program uji coba sepenuhnya musim depan.

"Jelas kami merencanakan dan mengharapkan program yang kuat tahun ini bersama Jorge. Sayangnya, tim uji coba pabrikan kami harus membekukan rencana mereka ketika pandemi Covid-19 melanda dan terus memengaruhi jalannya tahun 2020 sejak Maret dan seterusnya.

"Dengan penyesalan besar kami tak bisa menjalankan program uji coba kami dan mewujudkan target kami. Kami mengharapkan yang terbaik untuk masa depan Jorge, dan kami berterima kasih padanya atas tahun-tahunnya berkolaborasi dengan Yamaha."

Sumber: Yamaha Motor Racing

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR