Cal Crutchlow: Jake Dixon Bakal Oke Naik Yamaha di MotoGP Silverstone

Anindhya Danartikanya | 18 Agustus 2021, 12:40
Pembalap Petronas Sprinta Racing, Jake Dixon (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Sprinta Racing, Jake Dixon (c) Petronas SRT

Bola.net - Meski belum ada pengumuman resmi soal line up lengkap pembalap Yamaha di MotoGP Silverstone, Inggris, pada 27-29 Agustus mendatang, Cal Crutchlow meyakini bahwa rider Moto2 yang juga pembalap tuan rumah, Jake Dixon, bisa tampil baik di atas YZR-M1 jika memang diturunkan dalam balapan tersebut.

Menyusul polemik dengan Monster Energy Yamaha di MotoGP Austria, Maverick Vinales diisukan takkan turun lagi di seri-seri tersisa musim ini. Crutchlow yang merupakan test rider Yamaha, saat ini tengah membela Petronas Yamaha SRT, menggantikan Franco Morbidelli yang cedera. Namun, ia diprediksi akan menggantikan Vinales sejak Seri Inggris.

Morbidelli sendiri baru akan kembali balapan di Misano, San Marino, pada 17-19 September mendatang, alhasil satu tempat di SRT bisa-bisa kembali kosong untuk Seri Inggris. Dixon, yang saat ini masih turun di Moto2 bersama Petronas Sprinta Racing, tiba-tiba santer digosipkan bakal jadi pengganti Morbidelli di Silverstone.

1 dari 2 halaman

Jake Dixon Punya Pengalaman di Atas Motor Besar

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Petronas SRT

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Petronas SRT

Lewat MotoGP.com, Dixon membantah gosip itu, dan Crutchlow menolak banyak berkomentar. Namun, rider yang juga sama-sama dari Inggris ini yakin, andai Dixon memang menggantikan Morbidelli di Silverstone, maka ia akan bersenang-senang. Apalagi Dixon berpengalaman di atas motor besar, jadi runner up British Superbike (BSB) 2018.

"Apakah Jake akan mengendarai motor itu? Saya tak tahu. Sulit untuk mengatakannya. Saya sendiri tadinya tak siap berkendara di Austria, tapi saya tetap melakukannya. Saya rasa, jika ia memang bakal berkendara, maka bakal bagus untuknya. Ia akan bekerja dengan baik," ungkap Crutchlow kepada Crash.net, Senin (16/8/2021).

Crutchlow sendiri diketahui sebagai salah satu rider MotoGP yang berasal dari kancah superbike, pernah turun di BSB dan WorldSBK. Ia menjalani debut di MotoGP juga bersama Yamaha, dan berdasarkan pengalamannya ini, ia beropini bahwa Dixon takkan mengalami kendala berarti dalam mempelajari YZR-M1 di Silverstone.

2 dari 2 halaman

Naik M1 di Silverstone Lebih Mudah

"Mengendarai motor itu di Silverstone cukup mudah, bisa saya bilang begitu. Bahkan ketika saya mengendarai motor itu pada 2011, 2012, dan 2013, yah walau saya tak balapan pada 2011 karena ada di rumah sakit, motor itu bekerja dengan baik pada 2012 dan 2013 di Silverstone," ujar Crutchlow, yang pensiun dari MotoGP pada akhir 2020.

"Silverstone adalah trek yang layout-nya lebih 'mengalir' ketimbang Austria. Situasi Silverstone sangat berbeda ketimbang berkendara di sini (Red Bull Ring), di mana Anda hanya mencoba berkendara ketika jelas-jelas akan kalah. Jadi, jika Jake akan mengendarai motor itu, saya yakin ia akan menikmatinya," pungkasnya.

Petronas sendiri resmi akan mengundurkan diri sebagai sponsor utama SRT tahun depan, hingga tim ini hanya akan turun di MotoGP pada 2022 dan harus gulung tikar dari Moto2 dan Moto3. Mereka belum menentukan line up pembalap, namun Darryn Binder, Iker Lecuona, Xavi Vierge, dan Dixon menjadi kandidat mereka untuk digaet.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR