BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Cal Crutchlow: Baca Data Marc Marquez Malah Bikin Pusing

20-02-2020 15:15 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez dan Cal Crutchlow (c) HRC Marc Marquez dan Cal Crutchlow (c) HRC

Bola.net - Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow, diketahui kerap memberi komentar senada dengan rider Repsol Honda, Marc Marquez, mengenai performa RC213V. Meski begitu, rider asal Inggris ini mengaku ini tak berarti mereka punya gaya dan cara berkendara yang sama.

Hal ini dinyatakan Crutchlow dalam episode kedua serial dokumenter Marquez berjudul 'Unlimited' di situs resmi MotoGP. Crutchlow yang membela Honda sejak 2015 dan terlibat langsung dalam pengembangan RCV, tahu benar cara kerja Marquez, namun menirunya bukanlah perkara gampang.

Hal lain yang sulit ditiru dan dipelajari adalah gaya balap Marquez yang agresif dan sangat menyatu dengan RCV, terutama pada 2019, ketika motor tersebut mengalami perubahan radikal lewat penambahan tenaga mesinnya.

1 dari 2 halaman

Gaya dan Taktik Berkendara Sulit Ditiru

Dengan mesin itu, Marquez mendominasi dengan meraih 18 podium, yang terdiri dari 12 kemenangan dan 6 finis kelima, serta merebut gelar dunia, sementara rider Honda lainnya justru sangat kesulitan untuk naik podium. Crutchlow pun menjelaskan alasannya.

"Saya rasa, ia lebih sering menggunakan rem belakang demi lebih baik melakukan deselerasi. Ia pakai rem belakang di tempat-tempat di mana saya tak memakainya. Padahal, belajar untuk menggunakan rem itu saja sudah sulit bagi pebalap," ungkap Crutchlow.

2 dari 2 halaman

Data Marquez Malah Bikin Pusing

Meski membela tim satelit, Crutchlow terikat kontrak pabrikan, yang berarti ia terlibat langsung dalam pengembangan RCV dan berhak membaca data dari para rider Repsol Honda, termasuk Marquez. Meski kesannya menguntungkan, Crutchlow mengaku malah kerap pusing.

"Saya sudah bekerja dengan Marc selama empat musim, jadi saya baca telemetrinya di latihan, balapan, dan uji coba. Tak ada lagi yang bikin saya kaget. Kadang kami malah harus menyingkirkan data Marc, dan melakukan semua dengan cara saya sendiri, karena tak ada yang bisa berkendara dengan cara Marc," tutupnya.

Mengingat Marquez masih belum mencapai kondisi fisik yang benar-benar bugar akibat cedera dislokasi bahu kanan, Crutchlow menjadi satu-satunya tumpuan Honda selama uji coba pramusim MotoGP dalam mengembangkan RCV 2020.

KOMENTAR

Terkuak, Kelemahan Dasar Pemain Sepak Bola Indonesia