BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bye Kawasaki! Toprak Razgatlioglu Bela Yamaha di WorldSBK 2020

02-10-2019 08:57 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Turkish Puccetti Racing, Toprak Razgatlioglu (c) Kawasaki Pebalap Turkish Puccetti Racing, Toprak Razgatlioglu (c) Kawasaki

Bola.net - Usai berembus sebagai rumor, Yamaha Motor Europe akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa Pata Yamaha WorldSBK telah menggaet Toprak Razgatlioglu untuk musim 2020. Pebalap asal Turki tersebut akan menjadi tandem pebalap Belanda berdarah Indonesia, Michael van der Mark, dan mengendarai YZF-R1.

Razgatlioglu mencuri perhatian dunia usai menjuarai FIM Superstock 600 Eropa pada musim debutnya, yakni pada 2015. Ia pun naik ke Superstock 1000 dan menjadi runner up pada 2017. Prestasi ini membuatnya naik ke WorldSBK bersama Puccetti Racing dan mengendarai Kawasaki ZX-10R pada 2018.

Razgatlioglu meraih dua podium pada 2018, dan pada 2019 ia mendapat dukungan teknis lebih baik dari pabrikan, dan konsisten di papan atas. Sejauh ini, rider 22 tahun itu meraih 10 podium, termasuk kemenangan pada balapan pertama (Race 1) dan Superpole Race di Magny-Cours, Prancis, 28-29 September.

1 dari 2 halaman

Diyakini Line Up Terkuat di WorldSBK 2020

"Toprak salah satu rider muda menarik di WorldSBK, dan saya senang dan bangga ia membela Yamaha pada 2020. Melihat progresnya tahun ini, tahun keduanya di WorldSBK, talenta hebatnya sudah jelas, juga semangat juangnya," ujar Presiden Yamaha Motor Europe, Eric de Seynes, lewat situs resmi Yamaha Racing, Selasa (1/10/2019).

De Seynes pun meyakini, seperti van der Mark, Razgatliogliu merupakan rider yang selalu mampu menemukan semangat tambahan dan siap ngotot mencapai limit demi menaklukkan semua tantangan. De Seynes pun takjub melihat performa Razgatlioglu di Magny-Cours, di mana ia start ke-16 dan menang.

"Kami juga lihat musim ini Yamaha telah memangkas margin dari para rival, dan saya penasaran apa yang bisa dilakukan Toprak di atas Yamaha YZF-R1 milik kami pada 2020. Bersama Michael dan Toprak, saya rasa kami punya kombinasi pebalap terkuat dan paling dinamis di WorldSBK tahun depan," ungkap de Seynes.

2 dari 2 halaman

Kisah Indah dengan Kawasaki pun Pupus

Dengan resminya Razgatlioglu ke Yamaha, maka kisah indahnya bersama Kawasaki pun berakhir. Ia tadinya menjadi kandidat utama tandem 5 kali juara WorldSBK, Jonathan Rea. Sayang, drama internal Kawasaki di Suzuka 8 Hours pada Juli lalu membuat manajemen Razgatlioglu naik pitam.

Bertandem dengan Rea dan Leon Haslam di Suzuka 8 Hours, Razgatlioglu dijadwalkan turun balapan dalam ajang tersebut. Nyatanya, ia hanya dijadikan rider cadangan. Mentor Razgatlioglu yang juga 5 kali juara World Supersport, Kenan Sofuoglu menyebut Kawasaki tak menghormati anak didiknya, dan segera menjalani negosiasi dengan Yamaha.

Razgatlioglu akan masih membela Turkish Puccetti Racing dan Kawasaki dalam pekan balap WorldSBK Argentina di Sirkuit San Juan Villicum pada 11-13 Oktober mendatang. Saat ini, ia tengah duduk di peringkat 5 pada klasemen pebalap dengan koleksi 160 poin, tertinggal 14 poin dari van der Mark di peringkat 4.

Sumber: Yamaha Motor Europe

KOMENTAR