BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bukannya Liburan, 4 Pebalap MotoGP Malah Dirundung Cedera

28-11-2019 13:20 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Berakhirnya uji coba pascamusim MotoGP Jerez, Spanyol, pada Rabu (26/11/2019), menandai dimulainya masa rehat sekaligus masa liburan musim dingin bagi para pebalap.

Sayangnya, bukannya bisa bersantai-santai menikmati waktu luang, terhitung ada empat pebalap yang harus menghabiskan liburan dengan cedera serius dan masa pemulihan yang panjang.

Tiga dari empat pebalap ini kompak mengalami cedera pada bahu kanan, sementara yang satu lagi mengalami cedera di pergelangan tangan kiri.

Siapa saja para pebalap yang malang ini? Simak yang satu ini ya, Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Takaaki Nakagami - LCR Honda Idemitsu

Nakagami sempat mengalami kecelakaan hebat usai tertabrak Valentino Rossi di MotoGP Assen, Belanda, pada Juni lalu. Sempat dinyatakan hanya cedera ringan pada kaki kiri, ternyata ada yang dirahasiakan rider Jepang tersebut.

Kecelakaannya dengan Rossi ternyata menyebabkan dislokasi pada bahu kanannya, yang ternyata semakin buruk seiring berjalannya waktu. Uniknya, Nakagami merahasiakannya dari semua orang, termasuk anggota timnya sendiri, kecuali asisten pribadinya.

Dalam Seri Aragon, Spanyol, pada September, barulah ia mengaku kepada LCR Honda bahwa ia sudah tak tahan lagi pada rasa sakitnya, dan meminta izin untuk absen di tiga seri terakhir untuk menjalani operasi di Chiba, Jepang. Nakagami pun diperkirakan butuh 2-3 bulan untuk pulih.

2 dari 4 halaman

Miguel Oliveira - Red Bull KTM Tech 3

Oliveira diketahui tertabrak oleh Johann Zarco hingga harus gagal finis dalam balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada Agustus lalu. Sejak insiden itu, ia pun merasakan rasa sakit pada bahu kanannya, dan performanya pun terus menurun.

Cedera ini pun diketahui semakin memburuk usai Oliveira mengalami kecelakaan hebat akibat angin kencang di Tikungan 1 Sirkuit Phillip Island, Australia, pada Oktober lalu. Usai kecelakaan, ia pun dilarikan ke Rumah Sakit Melbourne untuk menjalani pemeriksaan MRI.

Pemeriksaan ini pun menunjukkan adanya kerusakan tendon pada pergelangan kedua tangannya. Tak hanya itu, kerusakan ligamen pada bahunya diketahui semakin parah. Ia pun segera diterbangkan ke Austria untuk menjalani operasi, dan harus absen di Malaysia dan Valencia.

3 dari 4 halaman

Francesco Bagnaia - Pramac Racing

Bagnaia secara mengejutkan mengalami kecelakaan yang cukup mengerikan dalam sesi latihan ketiga MotoGP Valencia beberapa pekan lalu. Keluar dari pit lane, motor Desmosedici GP18 miliknya terjungkal ke depan dan Bagnaia terjatuh keras di aspal.

Bagnaia mampu bangkit, namun dilarikan ke Medical Center karena tak bisa mengingat insiden itu. Menurut keterangan sang tandem, Jack Miller, yang kebetulan ada di belakangnya, insiden Bagnaia kemungkinan besar diakibatkan cakram rem yang dingin mendadak.

Setelah menjalani scan MRI, juara dunia Moto2 2018 ini pun diketahui mengalami keretakan tulang pergelangan tangan kiri, yang membuatnya harus absen dari sisa pekan balap, termasuk uji coba pascamusim di Valencia dan Jerez.

4 dari 4 halaman

Marc Marquez - Repsol Honda

Marquez diketahui mengalami masalah pada bahu kanannya saat tiba di Motegi, Jepang, pada Oktober lalu, dan bahu yang sama malah mengalami dislokasi parsial usai kecelakaan hebat dalam Kualifikasi 2 (Q2) MotoGP Malaysia saat ia hendak membuntuti Fabio Quartararo.

Dislokasi parsial pada bahu kanannya pun kembali terjadi usai mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 13 dalam uji coba pascamusim di Jerez pada Senin (25/11/2019). Keesokan harinya, ia pun bertolak ke Barcelona untuk menjalani pemeriksaan medis lebih lanjut.

Operasi pun dijalankan pada Rabu (27/11/2019) dan keputusan ini diambil Marquez dan tim dokter demi menghindari kondisi yang lebih buruk, seperti bahu kirinya yang sempat mengalami dislokasi pada 2014 namun memburuk karena baru dioperasi pada awal 2018.

KOMENTAR

Filip Kostic - Sang Pembuat Perbedaan milik Eintracht Frankfurt